Ternyata ada 6 hal mendasar yang perlu kamu ketahui tentang IELTS

IELTS (International English Language Testing System) merupakan sistem pengujian untuk mengetahui tingkat kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris. Tahukah kamu, ternyata terdapat 6 hal mendasar yang wajib kamu ketahui tentang IELTS, penasaran apa saja? Berikut 6 rangkuman hal mendasar mengenai IELTS versi ngaret.

6 hal yang perlu kamu ketahui tentang IELTS

 

Tipe IELTS

Secara umum IELTS memiliki dua kategori tipe ujian yakni, academic exam dan general exam. Apa perbedaannya? academic exam merupakan tes yang ditujukan bagi akademisi untuk kebutuhan akademiknya (misal kebutuhan studi di luar negeri), sedangkan general exam lebih ditujukan bagi mereka yang ingin menggunakan IELTS sebagai parameter ukur tingkat profesionalitas dalam menggunakan bahasa Inggris (misal kebutuhan tinggal dan bekerja di luar negeri).

 

Metode IELTS

Dengan majunya perkembangan zaman, tentu saja cara mengenai bagaimana suatu hal dilakukan kini sudah berubah. Sama halnya dengan IELTS, IELTS memiliki dua metode penyelenggaraan ujian yakni metode paper based test dan computer based test. Pasti sudah paham perbedaannya bukan? Jadi bagi kamu yang memiliki kemampuan lebih dalam mengoperasikan komputer (fast-typing) berbahagialah, kemampuanmu bisa dimanfaatkan untuk hal ini.

Gambar oleh: IELTS Facebook Official

Keahlian

Bidang keahlian yang diujian pada IELTS terdiri dari empat kategori pengujian yakni kemampuan membaca (reading), mendengarkan (listening), menulis (writting), dan berbicara (speaking). Masing-masing bidang keahlian ini memiliki tingkat dan variasi kesulitan tersendiri. Terlebih pada bidang keahlian speaking, kamu akan berbicara dan berbincang langsung dengan native-speaker lho, so brace yourself!

 

Aksen?

Pada bidang keahlian yang diujikan dalam IELTS khususnya bidang keahlian listening, kamu akan mendengarkan beberapa macam aksen (logat) bahasa inggris dari berbagai macam negara, diantaranya: british, american, australian, dan new zealand.

 

Penilaian IELTS

Sama seperti pengujian lainnya, IELTS memiliki standar penilaian yang cukup menarik yakni dengan menggunakan skala penilaian 0 s.d. 9 (0 menyatakan ketidaikutsertaan serta 9 menyatakan tingkat pemahaman dan kemampuan yang sangat baik mengenai bahasa Inggris [expert]).

 

Biaya IELTS

Ini dia yang bikin dag-dig-dug. Untuk mengikuti IELTS kamu sekurang-kurangnya harus mengeluarkan kocek + Rp2.800.000 (2017) Oleh karena itu, jangan sia-siakan perjuangan kamu ya, daripada buang-buang duit lebih baik buat modal usaha, kidding!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Ternyata ada 6 hal mendasar yang perlu kamu ketahui tentang IELTS
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 73 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *