Struktur Umum dan Pengenalan bahasa HTML

HTML (Hyper text markup language) merupakan bahasa markup yang digunakan dalam membuat konten dan struktur website. Dengan menggunakan bahasa HTML, browser dapat mengidentifikasi dan mengenali apa harus disajikan bagaimana.

Buat file baru

new file using text editor
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk memulai membuat sebuah file web hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat file web baru lalu membukanya di browser.

Simpan file html

save as html file
Gambar oleh: ngaret.com

Buat sebuah file kosong baru (ngaret menyarankan menggunakan text editor yang mumpuni seperti Atom, Visual Studio, Sublim, dsb) lalu simpan file tersebut dengan format .html.

Tulis kode untuk dia, eh html

auto complete html file
Gambar oleh: ngaret.com

Tulis apapun yang kita mau pada file tersebut. Apapun yang kita tulis mungkin akan muncul kelak pada browser (lihat ke bawah) namun hal ini tidak sesuai dengan standar atau cara penulisan file html. Silahkan ikuti alur penulisan berikut (makan mentah-mentah saja dulu ya, hahaha):

Buka file di browser

render html file
Gambar oleh: ngaret.com

Salah satu keunggulan bahasa HTML ialah penggunaannya yang sederhana. Tidak seperti bahasa pemrograman yang membutuhkan compiler atau interpreter, file web yang berformat .html bisa ditampilkan langsung di browser.

What you write is not what you get

Apa yang kita tulis tidak sepenuhnya akan di-render (ditampilkan) oleh browser. Hanya konten tertentu saja yang akan ditampilkan pada browser, dalam kasus di atas adalah:

Penulisan code tersebut dikenal dengan istilah tag. Terdapat dua jenis tag, yakni tag yang berpasangan dan yang tidak berpasangan a.k.a JOMBLO!

Tag

Tag berpasangan merupakan tag yang memiliki pasangan tentunya, namun dalam konteks ini bukan itu, tag tersebut memiliki tag penutup yang bersedia sehidup semati bersama ia :’)

Bagaimana jika tag tersebut hilang karena salah penulisan atau lupa ditulis? Tahukan rasanya bagaimana sudah 3 tahun pacaran tahu-tahu ditikung temen sendiri? HAHAHA

Tidak akan terjadi eror yang bisa menyebabkan komputer hancur namun konten yang ditampilkan akan rusak.

Sedangkan tag yang tidak berpasangan adalah tag Jomblo yang hidupnya menyendiri. Benar, tag tersebut tidak membutuhkan tag penutup. Contoh tag jomblo:

Sedikit sejarah

Version Year
HTML 1991
HTML 2.0 1995
HTML 3.2 1997
HTML 4.01 1999
XHTML 2000
HTML5 2014

Hingga saat artikel ini ditulis perkembangan html sudah mencapai versi 5 yang dipublikasikan dan mulai digunakan secara resmi pada tahun 2014. Tidak terdapat perbedaan mencolok antara html versi terbaru dengan yang sebelumnya. Namun tentu saja di setiap pembaharuan pasti terdapat hal yang diperbaharui, bisa ditambah, diperbaiki, atau bahkan dikurangi.

Referensi

(Visited 46 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *