Sering belanja online? Lakukan hal ini kalau tidak mau jebol!

Kamu sering belanja online? sudah sering menikmati mudahnya melakukan transaksi menggunakan internet? Terbiasa menggunakan paypal? Hmm, sudah kuduga! Dua kata buat kamu, hati-hati! (satu atau dua ya sebetulnya? >_<) Loh hati-hati kenapa memangnya? Simak penjelasan versi ngaret berikut ini supaya kamu tidak mengalami hal yang mengerikan!

Transaksi merupakan kegiatan yang sering kali dilakukan, bahkan intensitasnya bisa dikatakan sangat sering. Setiap hari, setiap jam, setiap detik terjadi jutaan transaksi di dunia ini (sok tahu ya?) Dewasa kini khususnya di era dimana internet mendekatkan yang jauh dan sedihnya juga mendekatnya yang dekat, semua dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan mendekati hitungan mili-detik, tidak percaya? Buktikan sendiri!

Singkat cerita, kemarin ini saya berjumpa dengan teman yang sedang ingin membeli things on the internet, dia curhat ingin membeli hal tersebut namun bingung bagaimana cara membelinya, karena metode pembayaran untuk membeli barang tersebut hanya tersedia melalui kartu kredit dan paypal. Setelah bercakap lebih lanjut, akhirnya tertujulah kami pada sebuah ikatan dan janji suci, ya saya bersedia! (waduh)

Belanja online

Gambar oleh: ngaret.com

Tinggal klik! Akhirnya terbeli juga barang yang dia maksud, matanya sedikit berkunang-kunang dan terkagum-kagum karena senang cita-citanya bisa tersampaikan. Barang yang dia maksud tidak mahal harganya, tidak juga sulit untuk didapatkan, namun sedikit membuat saya terkagum dan membuka pandangan hidup ini!

Ya, barang yang dia beli adalah sebuah barang virtual (file .psd) yang tidak berbentuk apapun secara fisik (eh guratan data pada media penyimpanan sekunder, jadi inget masa lalu), harganya juga tidak terlalu mahal. Namun ada satu hal yang sedikit membuat saya khawatir, pasalnya di awal janji pernikahan kami, dia sedikit bercerita tentang latar belakang barang yang akan dia beli dan tentang bagaimana prosedur pembeliannya.

Ternyata benar saja dugaan saya! Untuk mendapatkan barang tersebut, pembelinya harus berlangganan (subscribe) dengan cara mendaftarkan akun terlebih dahulu di situs penyedia barang tersebut, artinya? Iya berlangganan! Dalam siklus atau periode tertentu harus membayar biaya berlangganan tersebut, wait..wait.

Waduh padahal barang yang diinginkan sudah didapat, diberhentikan saja berlangganannya, tapi bagaimana caranya?

Cara berhenti berlangganan (subscribe) paypal

Pre-approved payments

Gambar oleh: ngaret.com

Pada dashboard akun paypal kamu, masuk ke menu payments dan cari sub-menu pre-approved payments. Pilih dan tekan tombol manage pre-approved payments untuk menonaktifkan pembayaran berlangganan.

Dashboard payments details

Gambar oleh: ngaret.com

Pilih pembayaran yang sudah dilakukan dengan cara menekan link pembayaran tersebut.

Aku rasa kita gak cocok deh!

Gambar oleh: ngaret.com

Pada billing pembayaran kamu, pilih tombol cancel untuk membatalkan status berlangganan, tenang aja kamu masih bisa jadian lagi kok sama doi, eh?

Perut kenyang hatipun senang!

Gambar oleh: ngaret.com

Setelah berhasil, cukup pastikan status berlangganan kamu sudah dinonaktifkan (status = inactive). Jangan khawatir, jodoh tidak akan kemana kok, percaya deh! Iya, dengan menonaktifkan fitur berlangganan ini, kamu masih bisa belanja online di tempat yang sama.

Perihal

Berhati-hatilah saat menggunakan semua kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, pahamilah semua ketentuan dan prosedur cara teknologi itu bekerja. Tidak perlu yang sulit-sulit, cukup ketahui apa yang perlu kita ketahui, itu sudah cukup.

 

Referensi:

Summary
Review Date
Reviewed Item
Sering belanja online? Lakukan hal ini kalau tidak mau jebol!
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 83 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *