Contoh program penggajian pegawai pascal menggunakan array

Program penggajian pegawai yang terdapat pada artikel ini merupakan program yang memanfaatkan bahasa pemrograman pascal dengan menggunakan array sebagai tempat penyimpanan data sementara. Sementara dengan maksud, apabila program ditutup maka data yang sebelumnya sudah dimasukan akan hilang (tidak disimpan).

Array

Untuk bisa menyimpan sebuah data, kita membutuhkan tempat penyimpanan data di dalam program. Baik itu tempat penyimpanan sementara (variable) ataupun tempat penyimpanan permanen (database). Array merupakan tempat penyimpanan sementara berupa variabel yang dapat menyimpan banyak data pada variabel tersebut.

Program

tabel gaji pegawai ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Ujicoba

tabel gaji pegawai filled ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Simpan file program (dengan ekstensi .pas) dan eksekusi program dengan cara mengkompilasi terlebih dahulu kode program. Apabila proses kompilasi berhasil berjalan dengan baik, program akan berfungsi dengan semestinya. Sebagai catatan, lakukan pengujian dengan menggunakan kompilator Dev-Pascal atau yang lebih modern mengingat program membutuhkan paket program tambahan seperti library crt.

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Contoh program penggajian pegawai pascal menggunakan array
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 474 times, 2 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *