Perhatikan 5 hal ini untuk meningkatkan kualitas artikel kamu

Menulis merupakan kegiatan menuangkan ide, gagasan, pikiran ke dalam sebuah media baik itu media elektronik ataupun media non-elektronik. Tapi, tahukah kamu, menulis bukanlah sekadar menulis? Kegiatan menulis memiliki keindahannya tersendiri, baik itu dari kualitas tulisan (eyd), hingga cara penulisan. Kalau saat ini tulisanmu masih kamu rasa kurang baik atau tidak maksimal, 5 tips berikut telah kami rangkum untuk kamu agar dapat meningkatkan kualitas serta SEO (search engine optimization).

Fokus!

Gambar oleh: ngaret.com

Percayalah, kalau kamu ingin menajlin hubungan yang serius dengan doi, kamu harus fokus! eh#$%@?

Tentukanlah tema dari hal yang akan kamu tuliskan dan tentukan juga sub-tema dari tema utama tersebut, sebagai contoh pada artikel ini yang membahas mengenai cara meningkatkan kualitas artikel dan memiliki sub-tema cara dan kesimpulannya. Jika kamu menulis pada platform wordpress, terdapat plugin yang dapat memberitahukan kamu mengenai tingkat kualitas artikel kamu (di mata mereka), yoast.

Terapkan

Setelah kamu menentukan tema dan sub-tema tulisan yang akan kamu buat, saatnya mengimplementasikannya. Caranya sangat sederhana sekali, pastikan focus keyword yang sudah kamu tentukan sebelum terdapat pada paragraf pertama artikel dan tag h2 (sub-tema).

Gambar oleh: ngaret.com

More

Tambahkan tag readmore agar pembaca tidak merasa tertekan sebelum melihat artikel kamu, karena percayalah artikel dan konten yang berkualitas tidak ditentukan dari seberapa banyak untaian kata yang terdapat di dalamnya, melainkan dari seberapa mampu tulisan atau artikel tersebut dipahami oleh pembaca.

Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menambah tingkat kesuksesan kamu dalam menggaet pembaca, tambahkan konten lainnya pada artikel kamu agar tidak membosankan! Kamu bisa menambahkan gambar, video, dan berbagai macam konten multimedia lainnya; jangan lupa untuk menambahkan kategori dan #tag tulisan kamu agar pembaca dapat dengan mudah memahami “Kira-kira isi artikel ini apa ya?”

Keterangan

Gambar oleh: ngaret.com

Kamu tentunya tidak mau kan dicuekin sama pacar kamu sampai berhari-hari tidak ada kabar dan tanpa keterangan? -__- (Baper::on)

Tulisan yang dilengkapi dengan keterangan di setiap kontennya akan sangat memudahkan pembaca untuk memahami isi konten tersebut, jadi pembaca tidak perlu bekerja dua kali hanya untuk memahami terlebih dahulu isi kontennya lalu memahami isi bacaannya. Kamu bisa menambahkan keterangan pada konten yang terdapat pada artikel kamu (gambar, tabel, grafik, dsb).

Kamu

Lagi-lagi aku yang disalahin 🙁

Pada akhirnya, kunci dari segala kunci keberhasilan ada pada diri kamu sendiri. Kamu hanya perlu mencari tahu lagi, lagi, dan lagi untuk melampaui keterbatasan kamu saat ini; pastikan kamu mencapai target minimal orange-green pada plugin yoast. Hal ini menandakan bahwa memang kamu sudah berusaha dengan cukup baik untuk meningkatkan kualitas tulisan kamu.

Btw karena yoast menggunakan syntax checker berbahasa Inggris, penilaian mereka tidak akan maksimal pada artikel yang menggunakan bahasa lainnya, jika kamu ingin mengetahui hal ini lebih lanjut, coba ubah bahasa situs pada platform wordpress kamu menjadi bahasa yang kamu inginkan dan lihat perbedaan penilaian sebelum dan sesudahnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Perhatikan 5 hal ini untuk meningkatkan kualitas artikel kamu!
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 106 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *