Cara membuat ERD Entity Relationship Diagram Visio

Entity Relationship Diagram merupakan salah satu model yang bisa digunakan untuk memodelkan hubungan data, objek atau yang lebih umum disebut entitas. Pemodelan ini dilakukan untuk mengeluarkan perilaku (common behaviour) dari entias untuk melihat hubunganya serta menaikan level abstraksi untuk memudahkan pengembang ataupun stakeholders memahami alur data di dalam sistem. Ingin tahu panduan lengkap dan mudah serta disertai dengan tahapan gambaran dalam membuat Entity Relationship Diagram? ngaret juga akan menggunakan tool Microsoft Visio untuk mempermudah pembuatan ERD.

Entitas dan Relasi

add entity relation ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Terlebih dahulu kita definisikan entitas dan relasi dari model yang akan kita buat.

Entitas adalah semua keberadaan yang ada di dunia ini (definisi ini abstrak sekali, haha). Dalam kasus pemodelan data, tentu saja entitas adalah klasifikasi dari seluruh elemen yang dapat dibedakan satu dengan yang lainnya (biasanya dibedakan dari atribut datanya) dan dapat terdiri dari banyak elemen di dalamnya. Misalnya saja Pegawai, Menu, Bahan Baku, dsb.

Relasi merupakan pemodelan dari hubungan yang dimiliki antar entitas yang satu dengan yang lainnya. Misalnya saja Pegawai memiliki relasi terhadap Menu dalam kasus bahwa Pegawai bisa menambahkan Menu.

Kardinalitas

check relationship between entity ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setiap relasi pasti memiliki nilai suatu keterhubungan. Dalam kasus ERD, nilai keterhubungan tersebut dinyatakan dalam tiga jenis yakni:

  • one to one (1-1)
  • one to many (1-N) atau many to one (N-1)
  • many to many (1-1)

Kardinalitas menyatakan nilai entitas satu terhadap entitas lainnya. Untuk menentukan kardinalitas, kita bisa melakukannya dengan cara pemeriksaan dua arah:

  1. Sisipkan nilai 1 pada dua sisi entitas (default)
  2. Lakukan pemeriksaan dengan membaca entitas-relasi-entitas, contoh: Pegawai melayani Pesanan.
  3. Periksa nilai kardinalitas dengan memverifikasi entitas-relasi-entitas, yakni dengan menanyakan berapa banyak entitas terhadap berapa banyak entitas? Dalam kasus ini Satu pegawai bisa melayani banyak Pesanan.
  4. Langkah terakhir dengan memvalidasi hasil verifikasi yakni melakukan pemeriksaan dari arah yang berlawanan.
  5. Karena dalam kasus ini Pesanan hanya bisa dilayani oleh satu pegawai maka kardinalitasnya adalah: 1-N yakni Satu pegawai bisa melayani banyak pesanan dan Banyak pesanan hanya bisa dilayani satu pegawai.

Untuk menentukan nilai akhir kardinalitas diambil nilai terbesar dari kardinalitas saat proses pemeriksaan.

Atribut

add atribute to entity relation ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Hendaknya ERD dilengkapi dengan keterangan atribut baik itu atribut dari entitas ataupun relasi. Lalu, apa itu atribut? Atribut adalah kesatuan data terkecil di dalam ERD. Hal ini menunjukan bahwa atribut sejatinya tidak dapat dipisah lagi kecuali dalam kasus khusus (composite, misalnya).

Sebuah entitas ataupun relasi bisa memiliki satu atau lebih atribut tergantung dengan banyaknya data pada entitas ataupun relasi tersebut. Namun dalam praktiknya atribut tidak perlu digambarkan semua pada ERD karena akan mengurangi readability (sulit dibaca). Cukup tambahkan atribut secukupnya dan sebagai pelengkap, ERD dibuat dengan Tabel Atribut yang kelak berisi daftar atribut apa saja yang terdapat baik itu pada entitas ataupun atribut.

Property

set attribute property ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setiap entitas, relasi, ataupun atribut memiliki satu atau banyak property. Apa itu property? Property adalah aturan atau perilaku yang berlaku saat digunakan terhadap entitas, relasi, ataupun atribut tersebut.
Dalam kasus atribut, atribut secara umum memiliki beberapa property yang bisa diatur yakni: Required (Not null), Primary Key, Derived, Multi-value, dsb.

Periksa, periksa dan periksa

complete relation schema ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Dalam membuat ERD, kita perlu melakukan pemeriksaan berulang kali hingga diagram tersebut memang sesuai dengan sistem yang akan dibangun dan bisa dipahami dengan mudah oleh pelbagai stakeholders.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Panduan membuat Entity Relationship Diagram ERD Microsoft Visio
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 3,913 times, 12 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *