Otomatis restart service linux saat crash dengan Upstart

Saat dibebani dengan penggunaan yang berlebih, service aplikasi baik yang berjalan foregorund ataupun background akan terhambat dan tidak berjalan dengan semestinya, terlebih service linux tersebut akan mengalami crash.

Salah satu solusi yang bisa kita lakukan tentu saja dengan melakukan upgrade resource server atau komputer yang kita miliki. Hal tersebut mungkin akan berhasil, namun kita memerlukan hal yang lebih daripada itu seperti melakukan tweaking ataupun menanggulangi sementara kejadian tersebut dengan cara mengotomatiskan service saat terjadi crash.

Upstart autorestart

init file
Gambar oleh: ngaret.com

Satu dari tiga metode yang dapat digunakan untuk membuat sebuah service otomatis restart saat terjadi galat baik normal ataupun tidak normal adalah dengan menggunakan upstart.

Sederhana sekali, untuk dapat menggunakan metode upstart kita cukup membuat sebuah file dengan pola: nama-service.conf pada direktori /etc/init. Misalkan saja jika kita ingin mengatur service mysql maka file yang perlu kita buat yakni: mysql.conf dan diletakkan di folder /etc/init.

Sebagai catatan, metode ini baru dapat digunakan pada sistem operasi Ubuntu 9.10 dan CentOs 6.0 ke atas.

Upstart configuration file

configuration upstart file
Gambar oleh: ngaret.com

Pada file konfigurasi yang kita buat, ada beberapa baris perintah yang wajib kita tuliskan yakni sebagai berikut:

Baris perintah description dan author tidak wajib, baris tersebut hanya merepresentasikan isi dari file itu sendiri (meta-file).

Baris perintah start-on-runlevel dan stop-on-starting bisa diisikan dengan nilai 0-6 yakni menunjukkan bahwa pengaturan tersebut berlaku untuk state 0-6 dimana 0 merupakan state shutdown, 2-5 state saat sistem operasi sedang berjalan, dan 6 state saat reboot (selengkapnya)

Baris selanjutnya dan yang merupakan baris krusial adalah instruksi perintah respawn yang berisikan parameter limit try time, dalam hal ini 5 menunjukkan 5 kali percobaan jika otomasi restart gagal dan 10 menunjukkan waktu dalam satuan detik untuk masing-masing percobaan (interval).

Kill them all!

check mysql status
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menguji pengaturan yang sudah dibuat, coba kill service yang berhubungan lalu periksa apakah service tersebut sudah terotomasi untuk restart dengan sendirinya atau belum.

Perintah ps digunakan untuk melihat daftar proses yang sedang berjalan sedangkan perintah kill digunakan untuk ‘membunuh’ proses tersebut. Jika setelah di-kill proses kembali berjalan maka pengaturan yang sudah kita buat berhasil diterapkan, dan sekarang jangan khawatir mengalami crash lagi.. cheers!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Otomatis restart service linux saat crash dengan Upstart
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 131 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *