Mengarahkan akses website dari IP address menuju domain menggunakan .htaccess

Mengapa website yang bisa diakses melalui ip address harus diarahkan? Begitulah pertanyaan yang terlontarkan pada saat membaca artikel ini. Apa bahayanya bila website bisa di akses melalui ip address? Kenapa harus diarahkan? Dan kenapa .htaccess?

Untuk memahami konsep penggunaan nama domain dan ip address pada aplikasi Domain Name Server, ada 2 konsep dasar yang perlu dipahami pada saat menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Reverse ( IP Address menjadi DNS )
  2. Forwarding ( DNS menjadi IP address )

Dengan 2 konsep dasar tadi sebuah aplikasi DNS dapat bekerja dengan baik. Namun ada kalanya ketika seorang web administrator melakukan kesalahan atau dalam berbagai kasus melakukan konfigurasi yang terlupakan.

Lantas bagaimana caranya untuk mengarahkan ( redirecting ) ip address dari website menuju domain yang diinginkan?

Secara default konfigurasi tersebut sudah diatur dalam konfigurasi Reverse aplikasi DNS yang digunakan, misalkan saja BIND. Namun apabila konfigurasi tersebut tidak diterapkan atau tidak berjalan dengan baik, ada cara praktis yang dapat digunakan untuk melakukan redirecting tersebut.

Gambar oleh: ngaret.com

Mengarahkan Akses Website Dari IP Address Menuju Domain Menggunakan .htaccess

  1. Pastikan mempunyai sebuah ip address, ip public untuk konfigurasi dalam jaringan internet dan ip private untuk konfigurasi jaringan lokal ( misalkan untuk uji coba saja ).
  2. Pastikan ip address tersebut dapat diakses.
  3. Akses ip address, perhatikan kemana ip address akan mengarahkan client menuju website bawaanya.
  4. Jika sudah diketahui kemana ip address secara default mengarahkan websitenya, masuk ke direktori / (root) website tersebut.
  5. Tambahkan atau ubah file .htaccess di direktori tersebut.

Catatan :

  • Perlu diperhatikan bahwa metode .htaccess ini membutuhkan teknik rewrite, dimana untuk dapat menggunakan fitur .htaccess pengaturan rewrite perlu diaktifikan ( PHP ).
  • Penulisan RewriteEngine On, cukup 1 kali saja dituliskan di awal baris.
  • Contoh kondisi ip address yang digunakan adalah 192.168.100.1, ip address ini disesuaikan dengan ip address yang sudah di konfigurasi di website / server anda.
  • Kondisi penulisan ulang domain menggunakan domain http://gurisa.com, domain ini dapat diubah sesuai dengan domain yang diinginkan.

Setelah berhasil ditambahkan, silahkan simpan konfigurasi dan coba akses ip address tersebut melalui browser. Saat client mengakses ip address melalui browser client akan diarahkan menuju domain yang sudah dikonfigurasi sebelumnya.

Hal ini dapat meminimalisir aktivitas hacking, meningkatkan SEO friendly, dan memudahkan client mengingat nama domain. Ya, karena itulah awal dari diciptakanya nama domain.

Referensi :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Mengarahkan akses website dari IP address menuju domain menggunakan .htaccess
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 3,355 times, 2 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *