Install ulang laptop notebook netbook menggunakan flashdisk bootable winsetup

Kendala terbesar pada beberapa perangkat modern (terkini) yang mengedepankan mobilitas dan kehandalan seringkali ditemukan incompability terhadap perangkat yang satu dengan lainnya. Pada saat kamu hendak melakukan instalasi ataupun perbaikan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu tidak melakukan booting menggunakan cd/dvd rom pada notebook ataupun netbook tersebut. Lantas bagaimana cara menanggulanginya? Berikut cara sederhana melakukan install ulang laptop notebook netbook menggunakan flash disk.

Buat bootable winsetup

extract win setup
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk bisa melakukan instalasi ulang menggunakan flash disk, kamu harus membuat flash disk tersebut sebagai media bootable terlebih dahulu. Beberapa alternatif cara yang dapat kamu gunakan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga, misalnya saja membuat installer bootable flash disk menggunakan win to flash.

Jalankan winsetup

run winsetup
Gambar oleh: ngaret.com

Terbatas pada sistem operasi window, winsetup bisa menggantikan kekurangan win to flash yakni bisa menggunakan beberapa sistem operasi dengan vendor lain seperti linux. Kamu bisa menggunakan winsetup dengan cara download winsetup lalu jalankan (iyalah, hehe).

Jadikan MBR

install mbr partition
Gambar oleh: ngaret.com
  1. Pastikan flash disk yang akan kamu gunakan sebagai bootable sudah terdeteksi oleh aplikasi winsetup.
  2. Install MBR (master boot record) agar flash disk kamu dapat digunakan sebagai media bootable.
  3. Pilih jenis MBR GRUB4DOS.
  4. Install/config.
  5. Tidak perlu melakukan tweaking, langsung save to disk.
  6. Sukses install MBR.

Pilih sistem operasi

choose operating system
Gambar oleh: ngaret.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, winsetup (walaupun ada embel-embel win) mendukung penggunaan sistem operasi Linux. Pilih jenis sistem operasi yang akan kamu gunakan.

Sebagai catatan, sistem operasi tersebut harus sesuai dengan format yang ditentukan oleh winsetup. Misalnya saja pada jenis sistem operasi Windows 2000/XP/2003 kamu harus menggunakan sistem operasi yang sudah diekstrak dari file .ISO nya.

Ekstrak ISO

extract iso file
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk melakukan ekstraksi file berekstensi .iso, kamu bisa melakukannya dengan mudah dengan cara menggunakan aplikasi WinRAR atau aplikasi lainnya yang mendukung penggunaan file bertipe ISO.

Lisensi

license agreement
Gambar oleh: ngaret.com

Seperti biasa, kamu diharuskan menyetujui persetujuan pengguna (license agreement), walaupun kita sama-sama tahu bahwa kita tidak akan membaca teks tersebut hingga habis, bukan? Hehe

Wait and Voila

success
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah memilih sistem operasi yang akan digunakan sebagai bootable, lanjutkan proses instalasi bootable dengan menekan tombol Go. Proses instalasi bootable akan berlangsung cukup lama, terlebih jika kamu menggunakan file hasil ekstraksi dibandingkan file .ISO, ini artinya winsetup akan bekerja lebih detil (satu-per-satu) menyalin file sistem operasi tersebut ke flash disk.

Langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan tentu saja melakukan instalasi sistem operasinya, bukan? Beberapa panduan seperti melakukan instalasi sistem operasi window mungkin dapat membantu kamu.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Install ulang laptop notebook netbook menggunakan flashdisk bootable winsetup
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 181 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *