Ini dia 8 jabatan level tertinggi pada sebuah startup

Seperti yang tertulis dalam bukunya The Lean Startup, Eric Ries 2011 mengatakan bahwa “Startup adalah institusi manusia yang dirancang untuk menciptakan produk atau jasa baru di tengah ketidakpastian yang ekstrim“. Penasaran seperti apa formasi jabatan yang terdapat pada sebuah startup? Berikut ini ngaret sajikan rangkuman 8 jabatan level tertinggi pada sebuah startup.

Chief Executive Officer

employees working
Gambar oleh: freepik.com

CEO atau Chief Executive Officer adalah pemimpin startup dan bertindak sebagai perwakilan perusahaan tersebut. Umumnya CEO bertanggung jawab untuk:

Merancang dan mengkomunikasikan visi perusahaan, memotivasi anggota tim, merekrut anggota tim, meramalkan tren pasar, menguraikan strategi bisnis perusahaan, membangun hubungan dengan investor, mengatur pembiayaan dan anggaran, dsb.

Chief Technology Officer

CTO atau Chief Technology Officer bertanggung jawab pada kualitas produk yang dihasilkan akhir karea CTO juga berperan dalam mengelola tim rekayasa selama prosesnya. Secara umum CTO bertanggung jawab dalam:

Menyatukan pengembangan produk, memahami perkembangan teknologi saat ini dan mengadopsinya, dsb.

Chief Finance Officer

CFO atau Chief Finance Officer bertanggung jawab atas pelaporan, penggalangan dana, dan penganggaran. Pada tahap-tahap awal sebuah startup, ia juga secara umum bertanggung jawab dalam penggajian dan sumber daya manusia. Secara umum CFO bertanggung jawab dalam:

Membentuk strategi penggalangan dana, membuat keputusan yang berhubungan dengan sumber daya manusia yakni merekrut juga memecat serta menghitung keuntungan dan akuisisi, merumuskan dokumen keuangan, membahas kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO, dsb.

Chief Marketing Officer

business meeting
Gambar oleh: freepik.com

CMO atau Chief Marketing Officer bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran perusahaan. CMO secara umum bertanggung jawab dalam: mengembangkan strategi pemasaran, melaksanakan riset pasar, pencitraan, menciptakan kampanye kehumasan, dsb.

Wakil Presiden Penjualan

WP Penjualan memiliki peran penting untuk menghasilkan keuntungan, salah satu tanggung jawabnya adalah:

Menghasilkan keuntungan, mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO, memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai tambah yang menarik, dsb.

Chief Operating Officer

COO atau Chief Operating Officer bertanggung jawab dalam pelaksaan operasional internal perusahaan dan berperan dalam:

Mengatur perusahaan, bertindak sebagai penghubung antara karyawan dan CEO, mengatur bisnis inti.

Board of Directors

BOD atau Board of Directos memiliki kekuasaan yang lebih besar daripada CEO pada tingkatan tertentu, tugas dan tanggung jawab BOD atau lebih dikenal dengan Dewan Direksi diantaranya:

Memilih dan menyarankan CEO, membantu CEO untuk mengembangkan visi perusahaan dan membuat keputusan besar, memastikan perusahaan melewati compliance check, mengesahkan putusan CEO serta strategi dan visi perusahaan secara umum.

Penasihat

Secara legal, penasihat tidak dibutuhkan sebagai salah satu ketentuan dalam mendirikan perusahaan startup. Walaupun begitu, sangat penting untuk memiliki penasihat karena peran dan tanggung jawabnya, berikut diantaranya:

Spesialis dalam beragam pengalaman, memiliki koneksi yang bagus dalam industri, bukan yang membuat keputusan bisnis bagi startup, pemegang saham, dsb.

 

Referensi

  • Ries, Eric. The Lean Startup. New York: Fletcher & Company, 2011.
  • Uzzaman, Anis. Startup Pedia Panduan Membangun Startup ala Silicon Valley. Yogyakarta: Bentang, 2015.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Ini dia 8 jabatan level tertinggi pada sebuah startup
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 253 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *