Ini dia 5 penyebab website tidak dapat diakses!

Website tidak dapat diakses?

Ketersediaan (availability) merupakan salah satu diantara beberapa faktor penting yang mempengaruhi hampir seluruh rangkaian kegiatan manusia, termasuk dalam melakukan aktivitas browsing. Apa jadinya jika website yang hendak kamu buka tidak dapat diakses? Oh tenang saja! Masih banyak website lain yang menyediakan informasi serupa, yakin?

Lantas hal apa saja yang sejatinya dapat menyebabkan hal tersebut terjadi? Berikut beberapa rangkuman versi ngaret mengenai penyebab alasan website tidak dapat diakses:

Penyebab website tidak dapat diakses

Website sedang down atau maintenance

ngaret down
Gambar oleh: ngaret.com

Faktor utama yang menyebabkan website tidak dapat diakses adalah karena website tersebut memang sedang dalam keadaan tidak aktif, atau dikenal dengan istilah down. Hal yang mungkin terjadi adalah host tempat website tersebut berada sedang tidak aktif atau website tersebut sedang mengalami atau mengadakan perbaikan a.k.a maintenance.

Kamu diblokir oleh website tersebut

Ah masa iya sampai segitunya? Memangnya saya berbuat apa sampai diblokir oleh pengelola website tersebut? Mungkin bukan kamu yang melakukan, tapi tetangga kamu. Maksudnya?

Jika kamu menggunakan layanan shared internet connection, kamu memiliki 90% kemungkinan untuk menggunakan line atau jalur akses yang sama dengan orang lain hingga 2-5 kali (percobaan pribadi) pada saat mengakses internet. Terbayang bukan kalau kamu berada dalam mobil ber-ac bersamaan dengan teman kamu yang kentut di dalamnya? Sudah tendang saja!

Oh, bukan website; lebih spesifik halaman

lengko github tidak dapat diakses
Gambar oleh: ngaret.com

Kamu berkunjung ke rumah temanmu dan diperbolehkan masuk ke dalam ruang tamunya. Singkat cerita karena kamu penasaran dengan kamar temanmu, kamu ingin penasaran dan ingin melihat kamar temanmu, namun apa daya ternyata kamar temanmu dikunci!

lengko github good access
Gambar oleh: ngaret.com

Sama halnya dengan website. Tidak semua hal yang ada di dunia ini bisa kamu ketahui, sama halnya dengan konten website. Di beberapa private website kamu tidak bisa sembarangan untuk mengakses konten web tersebut, terlebih pada website yang memang mengharuskan penggunanya membayar akses. Oh iya, mau ngapain tadi kamu ke kamar?

Koneksi internet kamu lambat!

speedtest cbn
Gambar oleh: ngaret.com

Waduh kalau ini jangan ditanya deh! Website merupakan kumpulan konten web yang tergabung dalam satu wadah, website. Tentu saja konten web yang dimaksud adalah seluruh sumber daya (resources) yang dapat dimuat di dalamnya seperti: gambar, video, audio, dokumen, dsb. Terbayang bukan, kalau kamu disuruh minum air melalui sedotan dibandingkan dengan langsung minum melalui gelas, lebih cepat mana?

Kamu pakai proxy ya?

Ayo ngaku, siapa yang familiar dengan squid atau mungkin 3128? Bukan rahasia umum lagi bahwa keterbatasan merupakan kendala terbesar dalam hidup, sama halnya dengan website. Mau buka situs A tidak bisa, tenang bypass saja pakai proxy, vpn, ssh atau teman-temannya.

squid proxy denied block
Gambar oleh: krizna.com

Tapi tahukah kamu, bagaimana mekanisme bypass tersebut bekerja? Secara sederhana jika seharusnya akses disimulasikan dengan A menuju B, maka dengan teknik bypass tersebut akses disimulasikan menjadi A melalui C menuju B. Bagaimana jika C tidak mengijinkan akses menuju B? Ya sudah, say good byeby the way, mau buka apa sih pakai proxy?

Konklusi

Cukup banyak sekali faktor yang menyebabkan tidak dapat diaksesnya website, terlebih mekanisme akses lebih rumit dan kompleks dibandingkan dengan apa yang kita lihat dan rasakan (waktu eksekusi). Jika hal ini terjadi pada kamu, kamu dapat mencoba beberapa mekanisme diagnosa untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi antara kamu dan aku, website maksudnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Ini dia 5 penyebab website tidak dapat diakses!
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 251 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *