Fungsi Eval tidak dieksekusi browser JavaScript

Eval merupakan salah satu fungsi default yang disediakan dalam bahasa pemrograman JavaScript, fungsi ini berguna untuk mengeksekusi atau mengevaluasi suatu code atau expression, singkat kata sebuah ekspresi atau syntax dapat berjalan apabila dieksekusi menggunakan fungsi eval ini.

Fungsi Eval

Sedangkan string itu sendiri adalah baris ekspresi yang akan dieksekusi, contoh :

Jika baris code diatas dijalankan, dan tombol check ditekan, maka akan menampilkan hasil sebagai berikut :

Percobaan 1

Permasalahan mulai muncul di sini, data yang keluar hanya data dari variable a saja yang bernilaikan “text”, sedangkan data pada variable b yang bernilai 5.0 tidak tampil pada textbox.

Hal ini terjadi karena, data pada variable b adalah data berupa bilangan yakni bilangan real, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi eval akan mengeksekusi syntax atau expression, dalam kasus ini untuk memperbaiki kesalahan tersebut, ubah baris kode eval dengan menandai bahwa ekspresi yang akan dieksekusi oleh fungsi eval adalah string.

Setelah diubah, uji coba kembali penggunaan eval tersebut, dan berikut adalah hasil uji coba setelah ekspresi pada eval sudah diubah :

Percobaan 2

Fungsi eval hanya akan mengeksekusi syntax yang bernilai string, sekalipun bisa mengeksekusi nilai bilangan baik itu integer, real, dan sebagainya, hal tersebut akan menimbulkan eror pada baris program selanjutnya, dengan kata lain baris selanjutnya tidak akan dieksekusi.

 

Referensi :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Fungsi Eval tidak dieksekusi browser JavaScript
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 373 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *