Contoh program menghitung nilai elemen matriks pascal

Bila diketahui sebuah matriks mempunyai jumlah baris m dan jumlah kolom n, maka untuk menghitung nilai elemen atau total jumlah isi dari matriks tersebut dapat dengan mudah dihitung dengan cara menjumlahkan nilai tersebut secara horizontal dan vertikal. Dengan kata lain, kita perlu untuk melakukan travelling ke setiap elemen matriks.

Kode program

Eksekusi

element matrix sum ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Proses pemeriksaan nilai total elemen matriks dilakukan dengan menjelajahi setiap elemen matriks. Karena matriks berdimensi dua (hanya memiliki baris dan kolom) maka proses dilakukan dimulai dari baris 1 kolom 1 hingga baris terakhir kolom terakhir.

Sebagai catatan, program bisa lebih disederhanakan lagi dengan cara melakukan penghematan proses pada saat inisialisasi elemen matriks. Agar tidak memakan resources, yakni dua kali bekerja, kita bisa lakukan proses perhitungan pada saat inisialisasi.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Contoh program menghitung nilai elemen matriks pascal
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 335 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *