Cloudflare HTTPS Sebuah pilihan hidup yang menyebalkan!

HTTPS atau non-HTTPS?

Kendati menemani pagi hari, seperti biasa seruput kopi hangat menemani pagi ini, skip-skip. Dewasa ini, siapa sih yang tidak tahu mengenai internet, browser, dan xxx? Hampir seluruh informasi yang disajikan pada internet keseluruhannya diakses melalui halaman web, atau dengan kata lain ya mau tidak mau menggunakan protokol http, mau pakai ssh?

Singkat cerita, di setiap protokol yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia, terdapat rivalnya yang setia, ya secure. Misalnya saja protokol http(s), ftp(s), and so on. Sebetulnya untuk apa embel-embel (s) dan bar hijau di browser pengguna itu? Singkat saja, menjaga privasi. Kamu tentu tidak mau bukan email yang kamu kirim disadap di tengah-tengah jalan (man in the middle attack), terlebih jika email itu berisi identitas login website sosialisasi pemilu, oops.

Ya sudah semua saja pakai (s)! Eits, jangan senang dulu, tidak semua yang baik itu baik.

Singkat cerita, terkisahlah penyedia layanan (s) yang menyediakan layanannya secara gratis (berbayar juga bisa), yang menawarkan segudang fitur yang bisa dicoba, salah satu fitur yang menarik adalah caching. Sederhananya caching adalah teknologi yang memungkinkan untuk menyimpan informasi yang dibutuhkan agar tidak terjadi pengulangan requests yang berlebih, tidak diperlukan serta memboroskan resources.

Fitur ini bisa sangat menguntungkan juga sangat menyebalkan, kenapa? caching yang ditawarkan super-duper keterlaluan (bagus sebetulnya). Lantas bagaimana menghindari cacing-cacing menyebalkan itu, sebetulnya pada dasarnya caching tersebut memang dirancang demikian, namun ternyata ada juga loh caranya untuk menghindari caching, guna melakukan debugging pada kode program kita!

 

Sederhana

Tambahkan get query pada url

get query js
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk melakukan hal ini cukup mudah, tambahkan get query apapun yang kamu inginkan dan assign nilai query dengan nilai apapun yang kamu inginkan, lah?

Selama tidak memiliki makna apapun, get query tersebut bebas kamu sesuaikan dengan selera, misal saja dengan query ?v=1.0.3 kamu asumsikan ingin menyatakan versi, dsb.

 

Tambahkan atribut asynchronous

data cloduflare asynchronous
Gambar oleh: ngaret.com

Secara default, kalau kamu menggunakan fitur https yang disediakan oleh cloudflare, maka cloudflare akan menyatakan bahwa, ‘Oh iya, seluruh konten ini akan saya caching, saya mengerti!’, maka untuk menyatakan bahwa, ‘Bos, tolong resources ini jangan di-caching ya’ kamu bisa melakukan dengan cara menambahkan atribut berikut pada tag sumber kamu

Nilai dari atribut tersebut secara default adalah true, jadi kalau kamu memang tetap ingin mengiyakan untuk dilakukan caching, maka tidak perlu repot-repot menambahkan atribut ini.

 

Referensi:

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cloudflare HTTPS Sebuah pilihan hidup yang menyebalkan!
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 70 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *