Cara transfer Domain dari Hostinger ke NameCheap

Domain merupakan sebuah nama khusus dari sebuah situs, oleh karena itu nama dari sebuah domain sangatlah berperan penting terhadap efektifitas dan optimalisasi dari situs tersebut. Tentu saja untuk memiliki sebuah domain, anda perlu mendaftarkan nama domain anda melalui registrar domain yang ada di-internet, begitu pula jika ingin melakukan transfer domain.

Ada banyak sekali perusahaan atau jasa pendaftaran domain di-internet, namun banyak hal yang perlu anda pertimbangkan ketika anda hendak mendaftarkan nama domain anda, jangan sampai ketika anda sudah mendaftarkan domain anda, anda ada keinginan untuk re-sign domain anda ke pendaftar lain, namun bagaimana jika memang anda perlu untuk memindahkan nama domain anda ke registrar baru.

Cara melakukan transfer domain (Registrant sebelumnya)

Domain dashboard idhostinger
Gambar oleh: ngaret.com
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan transfer domain adalah, domain anda perlu terdaftar setidaknya 6 bulan terhitung semenjak pendaftaran, tidak sedang dalam keadaan non-aktif ( Jika sudah tidak aktif, daftarkan kembali saja ), dan domain tidak terkunci. Untuk mengetahui apakah domain anda terkunci atau tidak, masuk ke menu domain manajemen di registrant anda sebelumnya, dan cari informasi mengenai Domain Lock, jika status domain terkunci, anda perlu membukanya terlebih dahulu.
Kirim kode EPP
Gambar oleh: ngaret.com
  • Selanjutnya adalah, mengirimkan kode EPP ( Extensible Provisioning Protocol ), kode ini berguna untuk konfirmasi dan verifikasi saat hendak melakukan transfer, untuk mendapatkan kode ini sama seperti sebelumnya, pada menu domain manajemen, cari Kode Rahasia Transfer Domain, dan sejenisnya, pilih menu tersebut lalu kode EPP akan dikirimkan ke alamat email anda. Perlu diperhatikan bahwa alamat email tujuan pengiriman kode EPP adalah alamat email aktif yang terdaftar untuk domain anda ( stack holder ), jika alamat email anda tidak aktif sebaiknya ubah terlebih dahulu alamat email pemegang domain anda sebelum mengirimkan kode EPP tersebut.
EPP Code
Gambar oleh: ngaret.com
  • Anda akan menerima kode EPP melalui email yang dikirimkan ke email anda, simpan kode tersebut. Hingga tahap ini, proses transfer domain dari pihak registrar sebelumnya sudah selesai.

Langkah melakukan transfer domain (Registrant baru)

Order transfer domain NameCheap
Gambar oleh: ngaret.com
  • Di registrant baru tempat dimana anda akan melakukan transfer domain anda, silahkan lakukan transfer domain dengan cara memilih menu Domains > Transfer > lalu masukan nama domain anda, setelah order sudah dibuat, langsung proses order tersebut dengan cara menambahkan ke keranjang belanja ( hal ini dilakukan jika registrant tersebut menerapkan konsep shopping cart ).
Order settings and confirmation
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah menambahkan order ke shopping cart anda, pada tahap selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi domain dan akan ditawarkan berbagai jenis add ons, namun hal yang perlu diperhatikan adalah, anda perlu mengotentikasi kode EPP anda sebelum melakukan order, otentikasi kode EPP anda terlebih dahulu. ( Walaupun tidak diotentikasi, pada saat melakukan order anda akan otomatis diminta untuk melakukan otentikasi, jadi sama saja ).
Transfer authorization EPP code
Gambar oleh: ngaret.com
  • Masukan kode EPP anda pada dialog Auth Code, pastikan kode EPP yang anda masukan benar. Karena kode EPP ini merupakan kombinasi karakter, lebih disarankan langsung saja di-copy paste untuk menghindari kesalahan pengetikan kode. Setelah dimasukan, simpan dengan cara menekan tombol Save code.
Order review
Gambar oleh: ngaret.com
  • Silahkan bayar biaya transfer domain tersebut, dalam kasus ini pembayaran dilakukan menggunakan paypal.
Order completed time to manage the domain
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika order sudah dilakukan, saatnya mengatur domain anda dengan cara masuk ke menu dashboard > domain list.
Status unfinsihed transfer
Gambar oleh: ngaret.com

  • Perlu diperhatikan bahwa domain anda belum selesai ditransfer karena anda belum menyetujui form pengajuan transfer domain, untuk melakukan ini silahkan periksa email anda, akan ada sebuah email yang ditujukan untuk konfirmasi transfer domain tersebut.
Authorization of transfer domain form
Gambar oleh: ngaret.com
  • Silahkan klik pada tautan yang ditujukan untuk anda, tautan tersebut akan mengarah pada situs konfirmasi pengajuan transfer domain.
Transfer confirmation from NameCheap
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika anda sudah yakin akan melakukan transfer domain ke registran baru, silahkan pilih pilihan I approve, jika tidak pilih I reject, lalu tekan tombol submit untuk melanjutkan proses konfirmasi transfer domain.
Confirm in previous registran Idhostinger
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika sebelumnya sudah dilakukan konfirmasi di registran baru, sekarang konfirmasi pada sisi registran lama, sama seperti sebelumnya silahkan periksa email anda, lalu klik tautan konfirmasi untuk melanjutkan proses transfer, hal ini wajib dilakukan jika anda ingin melakukan transfer domain anda.
Transfer confirmation in previous registran hostinger
Gambar oleh: ngaret.com
  • Silahkan pilih Check box here to accept, untuk mengkonfirmasi transfer domain, lalu tekan tombol submit untuk melanjutkan. Proses transfer domain membutuhkan 5 – 7 hari kerja, akan tetapi pada kebanyakan kasus proses transfer domain ini berlangsung cepat, tidak sampai 24 jam. Hal ini tergantung registran domain itu sendiri.
Transfer domain completed status
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika domain sudah berhasil ditransfer, maka pada dashboard domain anda, anda dapat mengatur domain anda dan status domain sudah aktif. Hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mengatur ulang kembali konfigurasi domain anda, akan tetapi jika anda menggunakan pihak ke-3 sebagai fasilitator untuk Name Server dari domain anda, maka anda cukup melakukan sedikit konfigurasi untuk mengembalikan konfigurasi sebelumnya ( lebih tepatnya konfigurasi sudah diatur di pihak ke-3 ).

Catatan :

  • Lamanya proses transfer domain relatif cepat, namun hal ini bergantung kepada pihak registran anda dalam memproses hal ini, karena pada kasus ini transfer domain dilakukan secara otomatis ( oleh sistem ), maka proses transfer domain berlangsung dengan cepat.
  • Perlu diingat bahwa, konfirmasi pada sisi registran baru dan registran lama wajib dilakukan, jika tidak transfer domain akan dianggap batal.

Referensi :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara transfer Domain dari Hostinger ke NameCheap
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 256 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *