Cara sharing koneksi internet modem lan wifi window

Internet merupakan istilah yang menggambarkan terhubungnya host yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat kita pastikan dari definisi dasar internet (inter-connected networking) yakni jaringan yang saling terhubung. Tahukah kamu bahwa koneksi internet sebetulnya dapat kita bagikan? Pada komputer dengan sistem operasi window kita dapat membagikan koneksi internet dengan cara melakukan sharing koneksi internet, dengan target sharing baik itu modem lan (jaringan lokal) wifi (access point) ataupun lain sebagainya.

Pilih sumber internet

share internet connection
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk melakukan sharing koneksi internet, kita perlu memilih terlebih dahulu sumber koneksi internet yang akan dibagikan. Misalnya jika kamu menggunakan modem usb sebagai sumber koneksi internet, kamu dapat memilih koneksi tersebut pada menu network and sharing center dengan cara mengakses menu tersebut melalui control panel > network and sharing center > change adapter settings.

Pilih target sharing koneksi internet

choose target
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah mengakses properti pilih tab sharing untuk melakukan sharing koneksi internet. Pada menu internet network sharing, centang pengaturan allow user sharing danpilih target profil (adapter) yang akan kamu bagikan koneksi internetnya.

Misal, jika kamu ingin membagikan koneksi internet kamu melalui access point yang terhubung dengan lan (ethernet) adapter komputer kamu. Maka pilih profil ethernet tersebut dan tekan tombol ok untuk melanjutkan pengaturan selanjutnya.

Setting ulang target sharing

ip address verification
Gambar oleh: ngaret.com

Saat kamu mengatur target sharing (pada langkah sebelumnya) terkadang sistem operasi window melakukan pengaturan setup default dengan mengubah pengaturan ip address target sharing. Jika hal ini terjadi, kamu harus melakukan pengaturan ip address ulang sesuai dengan keperluan sharing tersebut.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara sharing koneksi internet modem lan wifi window
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 389 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *