Cara proteksi file pdf tidak bisa copy edit dan print

PDF (portable document file) merupakan terobosan teknologi dalam pengelolaan dokumen dan berkas. Mengapa tidak? Dengan file berformat PDF kita bisa membuka berbagai macam jenis dokumen di berbagai macam platform berbeda. Namun, dengan kemudahannya tersebut, akan menyebalkan jika file yang kita miliki dapat dengan mudahnya diubah oleh orang lain. Adakah cara untuk proteksi file pdf yang kita miliki agar tidak bisa dicopy, edit atau bahkan diprint?

Untuk bisa melakukan pengamanan file pdf yang kita miliki, kita bisa menggunakan aplikasi bantuan pihak ketiga seperti yang dimiliki oleh Adobe atau aplikasi lainnya.

PDF Mate Converter

add pdf file to app ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Meskipun aplikasi ini berbayar, kita bisa menggunakan fitur aplikasi PDF Mate Converter dengan cuma-cuma pada masa trial-nya. Cukup tambahkan file yang ingin kita konversikan, lalu pilih format yang kita inginkan.

Options

setting up pdf options ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Tidak hanya file pdf. Kita juga bisa menggunakan format file lain seperti .doc dan .docx, bahkan kita juga bisa menggabungkan dan menyesuaikan halaman yang ingin ditampilkan. Namun, hal menarik yang terdapat pada fitur PDF aplikasi ini adlaah kita bisa memproteksi file pdf dengan cara memberikan password.

Selain itu, kita juga bisa membatasi hak akses terhadap file pdf yang kita miliki. Misalnya saja jika kita tidak menginginkan file pdf untuk diprint, kita bisa mengatur dengan cara tidak mencentang kotak pilih allowance printing.

Result property

pdf output disallow ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Kita bisa memeriksa hasil konversi file pdf yang kita sudah atur sebelumnya. Pada properti file tersebut, terlihat bahwa file tidak bisa disalin, diubah ataupun dicetak (karena sebelumnya diatur demikian).

Testing

cant print pdf file ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena sebelumnya sudah diatur untuk tidak bisa dicetak. Saat hendak dicetak, menu untuk mengakses perintah cetak (CTRL + P) tidak bisa diaskes. Sama halnya dengan penyalinan teks pada dokumen (CTRL + C).

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara memproteksi file pdf tidak bisa salin, edit dan cetak
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 318 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *