Cara pointing Domain NameCheap ke Blogger Blogspot

Pointing, salah satu proses pengarahan dalam hal ini pengarahan yang dilakukan adalah pengarahan atau pengalihan nama domain menuju website yang diinginkan. Untuk melakukan hal ini tentu saja ada beberapa hal yang dibutuhkan, seperti nama domain aktif, hak akses domain ( owner access ), dan konfigurasi yang diperlukan. Banyak sekali penyedia nama domain yang bisa anda gunakan atau lebih tepatnya, anda dapat menyewa nama domain yang anda inginkan ke penyedia nama domain tersebut. Namun perlu diketahui bahwa proses pengalihan domain ini bisa dilakukan hanya jika website yang akan di-pointing tersebut adalah website yang di-hosting dan memiliki ip public, atau shared ip public. Bagaimana jika blog yang anda miliki ingin diganti nama domainya, bisakah hal ini dilakukan? Tentu saja bisa, namun kembali kepada website yang digunakan, untuk blog yang di-host di blogger atau blogspot, hal ini dapat dilakukan dengan mudah, namun untuk blog yang memiliki ketentuan tersendiri seperti hosted wordpress, anda tidak dapat sembarangan melakukan pointing domain, website dengan jenis hosted wordpress dan sejenisnya memiliki ketentuan bahwa, untuk penggunaan nama domain TLD, g-TLD, cc-TLD harus membeli langsung kepada pihak penyedia ( hosted wordpress ).

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pointing nama domain

beli_domain_terlebih_dahulu
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika anda belum memiliki domain, untuk melakukan pointing domain tentu saja anda perlu memiliki sebuah domain.
domain_aktif_terdaftar_namecheap_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pastikan domain yang anda miliki aktif, jika domain anda baru pertama kali membeli domain pada penyedia NameCheap, domain anda akan langsung aktif saat anda membeli, untuk memeriksa hal ini anda bisa langsung mengetikan nama domain anda pada address bar browser anda.

 

Langkah pointing nama domain dari NameCheap ke Blogger atau Blogspot

setelan_dasar_alamat_blog_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Untuk melakukan pointing domain pada blog Blogger atau Blogspot, silahkan masuk terlebih dahulu ke akun blog anda, pilih menu Setelan > Dasar, lalu pilih Alamat Blog dengan cara memilih menu “+Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda”.
masukan_nama_domain_terdaftar_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Masukan nama domain anda pada kolom Setelan domain pihak ketiga, karena domain anda belum pernah dikonfigurasi sebelumnya maka akan ada pesan kesalahan yang muncul yang menyatakan bahwa domain tidak terkonfigurasi dengan benar. Dalam hal ini tidak perlu bingung karena yang perlu dilakukan adalah mencatat kode unik akun blogspot anda untuk selanjutnya dikonfigurasi yakni pada bagian, Nama/Label/Host dan bagian Tujuan/Target/Mengarah Ke.
domain_lists_namecheap_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan pointing pada panel pengendali ( Control Panel ) domain anda, pada NameCheap menu pengaturan domain dapat anda akses melalui menu Doamin List>Pilih domain anda>Manage.
atur_advanced_dns_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Selanjutnya pilih menu Advanced DNS, lalu tambahkan aturan / record baru dengan cara menekan tombol Add New Record. Perlu diperhatikan bahwa, karena pointing kali ini dilakukan untuk mengarahkan domain ke blogger maka pengaturan yang digunakan adalah pengaturan default yang merupakan ketentuan blogger.
  • Pada empat baris pertama, pengaturan yang digunakan adalah menambahkan A Record, yakni record khusus untuk mengarahkan ke server Google lebih tepatnya server Blogger atau Blogspot. Lalu pada baris kelima, adalah pengaturan khusus yang setiap nilai Host dan Value nya berbeda setiap akun, jadi anda perlu melakukan tahap sebelumnya ( Memasukan nama domain di alamat blog ) untuk mengetahui kode unik ini.
  • Pada dua baris terakhir adalah pengaturan Canonical Name, atau nama kanonik pengaturan ini untuk mendefinisikan bahwa nama domain yang digunakan bertipe WWW ( World Wide Web ), dan tentu saja nilai tersebut diarahkan ke server Blogger juga.
pointing_domain_setelan_blogger_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika proses pointing berhasil ( berhasil menambahkan record di DNS Manager ), maka saat anda melakukan proses penyimpanan nama domain akan berhasil dilakukan, tidak gagal seperti sebelumnya.
pointing_domain_sukses_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Untuk memeriksa apakah proses pointing domain berhasil dilakukan atau tidak, dapat dilakukan dengan cara mengetikan nama domain langsung pada address bar, jika berhasil maka saat mengakses nama domain akan langsung otoamtis mengakses website yang sudah di-pointing ( Blogger atau Blogspot ).

 

Catatan :

  • Perlu diperhatikan bahwa proses propagasi DNS memerlukan waktu tergantung penyedia layanan DNS, Server blogger atau blogspot itu sendiri. Oleh karena itu sangat disarankan jika proses pointing domain dirasa sudah benar namun masih belum berhasil mengarahkan domain ke Blog anda silahkan tunggu beberapa saat hingga proses penyesuaian ( propagasi ) selesai.
  • Terkadang cache yang berada di komputer selalu memuat konten dengan headers yang sama meskipun sudah melakukan request yang berbeda, hal ini dapat sangat membingungkan karena “padahal di tempat atau browser lain sudah berhasil, namun di browser saya masih gagal”, untuk mengantisipasi hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan Clear cache, dan mengganti browser untuk melakukan pengujian.
  • Perlu diperhatikan pada nilai Value (Tujuan/Target/Mengarah Ke), jika nilai tersebut berisikan nama domain atau server dari target harap isikan dengan menambahkan tanda titik (.) pada akhir domain tersebut, jika nilai bernilai ip address hal ini tidak perlu dilakukan. Contoh (ghs.google.com.).
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara pointing Domain NameCheap ke Blogger Blogspot
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 344 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *