Cara pasang ssl comodo positive di server linux

Setelah ssl diaktivasi baik melalui server secara langsung atau request otomatis melalui CSR tools yang disediakan penyedia ssl. Kita perlu untuk pasang ssl tersebut untuk dapat mengakses website melalui protokol https.

Certificate file

download from namecheap certificate
Gambar oleh: ngaret.com

Download dan siapkan file sertifikat yang telah kita beli atau miliki sebelumnya lalu upload file tersebut di server tempat website kita berada.

create certificate folder
Gambar oleh: ngaret.com

Simpan file sertifikat tersebut pada sebuah folder terstruktur untuk memudahkan kita dalam mengatur penggunaannya nanti.

Change virtual host

define ssl and use certificate
Gambar oleh: ngaret.com

Ubah pengaturan server kita untuk menggunakan protokol https dalam praktiknya. Hal ini disesuaikan dengan jenis web server yang digunakan (dalam contoh ngaret menggunakan nginx).

Check ssl

certificate valid status
Gambar oleh: ngaret.com

Jika semua berjalan dengan baik, sampai tahap ini seharusnya kita sudah bisa mengakses website kita menggunakan protokol https yang ditandai dengan green-bar yang terdapat pada browser saat kita mengakses website.

Re-generate key

generate key csr
Gambar oleh: ngaret.com

Jika terjadi kesalahan ssl tidak terdeteksi ataupun tidak berfungsi dengan semestinya, silahkan regenerate key melalui server secara langsung.

generate csr from server
Gambar oleh: ngaret.com

Dalam penggunaannya, pembuatan file .csr membutuhkan key yang sebelumnya di-generate. Dengan kata lain, hal ini dilakukan secara berurutan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara pasang ssl comodo positive di server linux
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 153 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *