Cara mudah membeli vps Digital Ocean

Jika kita mempunyai website dengan jumlah trafik dan pengunjung yang sangat banyak dan website kita seringkali mengalami down itu merupakan pertanda sudah saatnya kita melakukan migrasi dari hosting menuju server yang sesunggunya. Untuk dapat membeli vps Digital Ocean kita memerlukan kartu kredit atau paypal sebagai metode pembayaran yang dapat digunakan, karena ngaret senang yang mudah maka paypal merupakan pilihan yang baik untuk dicoba!

Registrasi

Untuk menggunakan layanan digital ocean kita perlu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu di situs resminya, digital ocean.

Tambah saldo

pay digital ocean balance
Gambar oleh: ngaret.com

Saat pertama kali melakukan registrasi, saldo akun digital ocean kita berjumlah 0$. Untuk dapat membeli dan menggunakan vps kita memerlukan saldo pada akun tersebut. Tambahkan saldo menggunakan metode pembayaran yang kita mau (kartu kredit atau paypal).

Ada promo lho!

add promotional code
Gambar oleh: ngaret.com

Digital ocean juga memberikan promosi (trik marketing) kepada pengguna barunya. Untuk mendapatkan promo ini kita bisa mengirimkan tiket kepada mereka atau dengan menggunakan kode promo lainnya seperti promo student partner dari github.

Ayo berbelanja

choose operating system
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah saldo ditambahkan pada akun digital ocean, saatnya berbelanja! Pilih jenis sistem operasi yang akan kita gunakan, secara umum sistem operasi yang disediakan didominasi oleh sistem operasi Linux seperti ubuntu, debian, dsb.

choose droplet size
Gambar oleh: ngaret.com

Pilih ukuran droplet (istilah vps pada digital ocean) yang kita inginkan (sesuaikan dengan budget yaa). Mengingat digital ocean melakukan pembayaran menggunakan hourly rate kita bisa saja memilih vps dengan spesifikasi senilai 15$/bulan meskipun saldo kita hanya 5$, namun penggunaannya tidak akan full hingga 1 bulan melainkan sesuai nilainya saja, 5$.

choose region center
Gambar oleh: ngaret.com

Pilih lokasi data centre yang akan kita gunakan. Pemilihan ini cukup penting mengingat lokasi tersebutlah tempat dimana vps kita akan diletakkan. Sesuaikan dengan target penggunaan.

Misalnya saja jika kita menargetkan pengguna server kita akan didominasi berasal dari Indonesia, bukan hal aneh jika kita memilih Singapura sebagai data center mengingat lokasinya yang dekat dengan Indonesia (semakin dekat, ping semakin kecil).

choose hostname
Gambar oleh: ngaret.com

Pilih nama host yang akan memudahkan kita dan akan lebih biak disesuaikan dengan nama domain (jika ada) dari vps yang akan digunakan.

Selesai!

creating droplet
Gambar oleh: ngaret.com

Lihat, tidak semenakutkan itu bukan? Tunggu proses pembuatan (build) vps kita, proses ini berlangsung sangat cepat bahkan relatif kurang dari 1 menit.

Coba akses

login to vps server
Gambar oleh: ngaret.com

Langkah terakhir untuk memastikan kita tidak membeli kucing di dalam karung, silahkan akses vps tersebut melalui aplikasi atau browser. Sebagai catatan password root untuk mengakses server akan dikirim ke email akun digitalocean kita, oleh karena itu jangan sampai kita kehilangan akses ke email tersebut.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mudah membeli vps Digital Ocean
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 242 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *