Cara mount DVD VCD ke Komputer menggunakan Daemon Tools

DVD dan VCD merupakan salah satu media penyimpanan populer pada beberapa dasawarsa lalu, dengan kapasitas nya yang mumpuni, DVD dan VCD mampu menampung setidaknya 1 buah film dengan kapasitas 4,3GB dan 700MB. Namun dibalik kelebihanya itu, DVD dan VCD atau media digital lainya memiliki suatu kelemahan, salah satunya adalah rentan terhadap waktu.

Jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainya, DVD dan VCD memiliki tingkat kerusakan perangkat yang lebih tinggi, hal ini terjadi karena piringan DVD dan VCD sangat sensitif sekali, jika piringan ini tergores maka data akan hilang dari track tersebut. Oleh karena itu, terkadang kita ingin sekali melakukan pengamanan data penting milik kita agar data tersebut tidak hilang, entah dengan cara membuat salinan dari DVD atau VCD tersebut, atau dengan cara lainya.

Langkah mount DVD dan VCD ke komputer menggunakan Daemon Tools

Tampilan awal Daemon tools
Gambar oleh: ngaret.com
  • Aplikasi yang akan digunakan untuk melakukan mounting kali ini adalah aplikasi Daemon Tools, selain dapat melakukan mounting, aplikasi ini juga dapat melakukan burning, cloning, dan menambah perangkat virtual.
Masukan DVD yang akan dimount
Gambar oleh: ngaret.com
  • Masukan DVD atau CD yang akan di-mount, pilih menu Buat Image Disk.
Buat image disk
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pada kolom Tujuan berkas image, ubah lokasi hasil mount sesuai yang diinginkan, dan pilih tipe image dengan Standar ISO, tekan tombol Mulai untuk memulai proses mounting.
Progres mount DVD
Gambar oleh: ngaret.com
  • Tunggu proses mounting berlangsung, lamanya proses mounting tergantung dengan spesifikasi hadrware dan juga pengaturan kecepatan read/write hardware tersebut.
Hasil mounting file .iso
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika proses mounting sudah selesai, maka pada folder tempat hasil mounting akan terdapat sebuah file yang merupakan data dari DVD atau CD yang sudah di-mount sebelumnya.
Extract file iso
Gambar oleh: ngaret.com
  • Anda dapat mengelola hasil mount ini, baik melakukan cloning, ataupun hal lainya.
File video hasil mount
Gambar oleh: ngaret.com
  • Karena pada kasus ini, data yang di-mount adalah data video, maka tentu saja anda dapat memutar video tersebut di komputer anda, tentu saja dengan aplikasi pemutar video yang bisa memutar video tersebut.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mount DVD VCD ke Komputer menggunakan Daemon Tools
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 1,241 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *