Cara mirror download cepat file torrent direct link dengan rtorrent

Terdapat perbedaan yang cukup menarik antara mendownload file melalui torrent dengan mendownload file pada umumnya (http file transfer misalnya). Hal menyebalkan saat mendownload file torrent adalah lambatnya kecepatan download dan adanya aksi upload yang kita lakukan (seed and leech). Lalu pertanyaannya, adakah cara untuk download file torrent cepat melalui direct link (http file transfer)?

Seeder dan leecher

Pada saat mendownload file melalui protokol http, kita secara langsung terhubung dengan server tempat penyedia file tersebut berada. Sedangkan saat mendownload file torrent, letak keberadaan file terdapat di semua peer yang merupakan host (komputer) dari file tersebut (termasuk komputer kita saat mendownload).

Masalah

Secara sederhana file tersebut tidak berada hanya di satu komputer, melainkan berada di banyak komputer. Saat kita mendownload kita berperan sebagai leecher sedangkan saat kita mengupload kita berperan sebagai seeder. Kita juga bisa berperan sebagai keduanya di waktu yang bersamaan, namun tentu saja akan menghabiskan bandwidth internet.

Solusi

Namun tenang saja. Kita bisa mengakalinya dengan cara mendownload terlebih dahulu file torrent di server lalu download melalui server kita sendiri (bukan langsung dari torrent).

Jenis Torrent

copy magnet link ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Secara umum terdapat dua jenis torrent yang biasa digunakan (walaupun keduanya merujuk pada file yang sama) yakni file .torrent dan magnet url. Jika menggunakan file .torrent, kita perlu mendownload terlebih dahulu file tersebut. Sedangkan jika kita menggunakan magnet url, kita hanya perlu menyalain url tersebut lalu torrent akan dengan otomatis menjalankannya.

rTorrent client

install rtorrent package ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menggunakan aplikasi rTorrent, kita membutuhkan sebuah server linux yang memperbolehkan download torrent di servernya. Terlebih dahulu instal aplikasi rtorrent pada server lalu jalankan dengan perintah: rtorrent

Download torrent

paste magnet link ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah aplikasi rtorrent dijalankan, paste magnet url torrent yang ingin kita download lalu tekan enter.

start ctrl s torrent ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

rTorrent akan mendownload dan menganalisa terlebih dahulu informasi torrent tersebut. Pada saat dijalankan, rTorrent tidak akan menjalankan download secara otomatis (kita harus menjalankannya manual). Jalankan download dengan menekan tombol ctrl+s.

rTorrent lanjutan

torrent details ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Kita juga bisa melihat dan mengatur file torrent yang sedang kita download. Pada menu torrent, pilih file torrent yang ingin kita atur dengan cara menggerakan arrow key (panah kiri, kanan, atas, dan bawah).

Akses detail file torrent dengan cara menekan panah kanan, dan kembali dengan panah kiri. Terakhir, untuk menghentikan proses download torrent (jika sudah selesai atau ingin dibatalkan), ketika perintah ctrl+d. Selengkapnya mengenai rTorrent.

Alternatif torrent downloader

online torrent downloader free ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Jika kita tidak ingin repot ataupun tidak memiliki server sendiri, kita bisa menggunakan layanan di internet yang sudah ada. Terdapat banyak layanan jasa download torrent online di internet seperti zbigz, premiumize, dsb. Bahkan diantaranya memberikan layanan gratis dengan limitasi yang bisa kita gunakan setiap harinya, 24 jam online. Hidup itu pilihan, thehe~

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mirror download cepat file torrent direct link dengan rtorrent
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 81 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *