Cara mengganti localhost menjadi domain window

Localhost, istilah yang merujuk pada host (komputer lokal) dan biasa digunakan pada istilah jaringan, baik peer-to-peer ataupun client-server. Localhost merupakan alamat lokal yang diatur secara default oleh komputer lebih tepatnya sistem operasi. Tahukah kamu bahwa localhost sebenarnya bisa diubah, dihapus atau bahkan ditambahkan? 3 langkah mudah mengubah localhost menjadi domain versi ngaret ini akan membantu kamu mengubah alamat host kamu!

Buka hidden items

hidden items
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk melindungi beberapa file dan folder penting, beberapa sistem operasi seperti window sering kali menyembunyikan file dan folder tersebut agar tidak disalahgunakan oleh pengguna awam. Untuk mengubah nama domain localhost kita perlu mengakses file yang tersembunyi tersebut, oleh karena itu kita perlu membuka pengaturan hidden items tersebut dengan cara mengakses Views > Hidden items (centang) atau pada beberapa versi window sebelumnya dengan cara Tools > View > Hidden items.

Akses drivers etc

Akses driver etc
Gambar oleh: ngaret.com

Buka folder etc yang terdapat pada folder Windows > System32 > Drivers. Kamu harus terlebih dahulu membuka hidden items untuk mengakses folder ini (langkah sebelumnya.)

Ubah, hapus, tambahkan host

ubah hapus tambah host
Gambar oleh: ngaret.com

Jika tujuan awal kamu hanya ingin sekadar mengubah nama localhost, kamu bisa langsung mengubah pengaturan tersebut pada file hosts yang berada pada direktori Windows > System32 > Drivers > etc. Namun sangat disarankan untuk menambahkan saja pengaturan domain baru (jadi localhost masih tetap bisa diakses).

Perhatikan pengaturan ip forwarder, jika kamu mempunyai Eth dengan ip static atau ip yang ingin disesuaikan (misal terhubung ke jaringan lokal) kamu juga bisa menambahkan akses domain melalui ip tersebut. Namun jika hanya sekadar host lokal, cukup gunakan ipv4 127.0.0.1 atau ipv6 ::1.

Simpan pengaturan (save file, CTRL + S), jika terdapat konflik atau permasalahan hak akses, simpan pada direktori berbeda (misal di desktop) lalu pindahkan ke direktori tersebut kembali (Windows > System32 > Drivers > etc), jangan lupa perhatikan bahwa ekstensi file pengaturan host tersebut tidak ada (tidak berekstensi).

Akses domain baru

akses domain baru
Gambar oleh: ngaret.com

Jika pengaturan kamu benar dan kamu sudah melakukan restart web server pada komputer host kamu, kamu seharusnya sudah bisa mengakses domain baru yang sudah ditambahkan di pengaturan sebelumnya. Langkah selanjutnya tinggal kamu sesuaikan dengan keperluan pointing pada direktori proyek yang kamu kerjakan (misal satu proyek butuh 1 domain).

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mengubah localhost menjadi domain window
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 520 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *