Cara menginstall Sentora Panel di VPS Linux uBuntu menggunakan Script Installer

Sentora, salah satu web hosting control panel yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis, dengan kata lain freeware dan opensource. Namun ada hal yang sangat menarik yang bisa didapatkan dari Sentora, banyak sekali modul yang bisa digunakan untuk membantu mengatur kebutuhan website, dan juga tentu saja gratis. Sentora bisa menjadi alternatif, bahkan bersaing dengan berbagai control panel lain yang banyak digunakan saat ini, sebut saja Cpanel. Singkat cerita Sentora Panel adalah pembaharuan dari ZPanel yang juga merupakan free control panel, namun meskipun demikian, dukungan sistem operasi yang dapat digunakan oleh Sentora Panel secara default masih terbilang sedikit, hal ini dikarenakan satu dan banyak hal.

Spesifikasi kebutuhan server

  • Mempunyai minimal 1 IP Address.
  • Mempunyai minimal 1 Domain Name Server.
  • Sistem operasi CentOS 6/7, uBuntu 12.04/14.04 ( rekomendasi ).

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Sentora Panel, pastikan langkah berikut dilakukan dengan benar, untuk melakukan konfigurasi ini disarankan anda sudah memiliki dasar pengetahuan tentang Linux Commandline. Dan perlu diperhatikan bahwa, jika instalasi gagal atau terputus ditengah proses instalas, disarankan untuk melakukan re-install dengan cara clean installation.

9 Langkah mudah menginstall Sentora Panel

download_file_install_sentora
Gambar oleh: ngaret.com
  • Download script installer Sentora Panel di situs resmi sentora yakni sentora.org, dengan cara menegtikan perintah :

add_execute_moderation_file_install
Gambar oleh: ngaret.com

  • Setelah script installer berhasil di-download, ubah moderasi file tersebut agar dapat dieksekusi, untuk mengubah moderasi file, ubah dengan cara mengetikan perintah berikut ini :

execute_file_install
Gambar oleh: ngaret.com

  • Jika moderasi file berhasil diubah, selanjutnya eksekusi file script installer dengan cara mengetikan perintah berikut ini :

information_required_sentora_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com

  • Sistem akan memeriksa kebutuhan dasar perangkat untuk memasang Sentora Panel, jika kebutuhan terpenuhi status pemeriksaan akan bertandakan “Ok”, tunggu hingga proses pemeriksaan berlangsung sepenuhnya. Selanjutnya silahkan masukan sub-domain dan ip public yang sudah dikonfigurasi sebelumnya ( sudah di-pointing ).
configuring_tzdata_sentora_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika proses pemeriksaan berjalan dengan benar, maka proses selanjutnya adalah proses konfigurasi Sentora Panel, proses konfigurasi ini berlangsung otomatis namun ada beberapa konfigurasi yang perlu dikonfirmasi dengan Web Administrator, konfigurasi pertama yang akan dilakukan adalah konfigurasi area geografis, silahkan pilih berdasarkan wilayah geografis tempat di mana anda tinggal atau bisa berdasarkan lokasi server, Asia.
time_zone_tzdata_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pada konfigurasi zona waktu, pilih lokasi zona waktu tempat di mana anda tinggal atau lokasi server anda, Jakarta.
postfix_configuration_sentora_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Karena paket installer Sentora Panel merupakan pake semi-automatic installer, maka hampir seluruh instalasi akan dilakukan otomatis oleh sistem, misalkan pada saat instalasi mail server, Postfix. Instalasi dilakukan otomatis oleh sistem, yang perlu anda lakukan adalah mengkonfirmasi hasil atau sebelum instalasi tersebut.
installation_completed_save_detail_passwords
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah instalasi Sentora Panel selesai, sistem akan menampilkan daftar hasil pengaturan yakni berupa kata sandi dari MySQL, Postfix, ProFTPd, dan Roundcube, serta detail login administrator dengan kata sandi default nya, simpan pengaturan ini dengan cara menyalin file yang terdapat pada direktori /root/, cari file bernama passwords.txt.
sentora_login_panel_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah berhasil, silahkan akses Sentora anda melalui domain ( sub-domain ) atau Ip public yang sudah anda konfigurasi sebelumnya.

 

Catatan :

  • Pastikan untuk selalu melakukan clean installation saat hendak melakukan instalasi Sentora Panel, clean installation disini adalah instalasi dilakukan pada server baru yang belum terpasang berbagai aplikasi server seperti apache2, mysql, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari konflik pengaturan aplikasi, karena Sentora Panel sudah melakukan proses instalasi secara otomatis.
  • Pastikan sub-domain dan ip public yang anda miliki sudah ter-pointing dengan benar, artinya sudah dapat diakses, untuk melakukan hal ini anda perlu mengatur konfigurasi DNS anda pada registran DNS anda.

Referensi :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara menginstall Sentora Panel di VPS Linux uBuntu menggunakan Script Installer
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 765 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *