Cara menghapus Virus readme.eml file Email is incoming

Virus, istilah yang sering kali didengar saat kita mengoperasikan komputer, laptop, gadget, dan alat teknologi lainya. Virus menjadi hal yang sangat populer, jika terjadi suatu hal dengan gadget atau perangkat anda, sebut saja not responding, “Oh mungkin karena virus”, itulah jawaban yang mungkin akan pertama kali diberikan oleh beberapa pakar. Namun apakah benar semua hal yang terjadi dengan perangkat anda semuanya disebabkan oleh virus, file penting anda hilang, padahal sebelumnya anda tidak sengaja menekan tombol delete pada keyboard, dan ternyata file anda masih berada di Recycle Bin? Tentu hal seperti ini bukan disebabkan oleh virus, melainkan human error. Jadi, apakah istilah virus itu benar adanya?

Ya, istilah ini benar adanya, dan memang seringkali istilah ini digunakan. Pada kasus ini virus yang kebetulan bersarang adalah virus jenis worm, sebut saja virus email, readme.eml atau sejenisnya. Virus ini menginfeksi file dengan ekstensi tertentu, terutama ekstensi .html, .htm, .js. Virus ini akan membuat dirinya sendiri atau sebut saja berkembang biak dengan cara menginfeksi file dengan ekstensi tertentu, jadi di mana terdapat file dengan ekstensi tersebut, virus tersebut akan bersarang di lokasi tersebut (folder).

Bagaimana caranya menghapus virus readme.eml ini? Hapus saja!

File readme.eml ini tidak akan bandel ataupun menggandakan diri saat dihapus, tentu saja lain halnya saat dieksekusi, jadi anda dapat dengan mudah menghapus virus ini. Namun permasalahanya adalah, virus ini adalah virus dengan jenis worm, di mana virus ini memang dibuat untuk dapat menggandakan dirinya sendiri sesuai target virus ini. Jika memang anda ragu apakah perangkat anda terserang virus ini, anda dapat memeriksa apakah perangkat anda terserang virus ini atau tidak.

cari_file_readme_.eml_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com

Lakukan pencarian dengan filter “.eml”, dengan cara ini anda akan mencari file dengan ekstensi .eml di lokasi yang diinginkan. Jika memang perangkat anda terserang oleh virus ini, akan terdapat banyak sekali file dengan ekstensi tersebut yang bertuliskan “[email protected], username is comming!“. Jika diperhatikan dengan seksama, virus ini sebetulnya tidak terlalu menggangu kinerja perangkat anda, hanya saja jika perangkat anda adalah sebut saja komputer server yang memuat konten web seperti file .htm, .html, maka akan sangat berbahaya bagi pengguna yang mengakses konten tersebut, karena secara tidak langsung virus tersebut akan membuat dirinya sendiri di komputer yang mengeksekusi virus tersebut, lantas bagaimana cara menghapus file virus readme.eml tersebut?

Langkah Menghapus Virus readme.eml File Email Is Incoming

cari_file_readme_.eml_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Cari file dengan ekstensi .eml di lokasi yang dirasa menjadi target virus readme.eml, untuk memudahkan pencarian, gunakan fitur searching dengan mengetikan kriteria “.eml“.
pengaturan_hapus_file_setelah_arsip_zip_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pada tips dan tutorial ini, saya menggunakan aplikasi WinRar untuk melakukan aksi mass-delete. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat menghapus file readme.eml secara masal, cukup seleksi seluruh file .eml yang ingin dihapus (CTRL+A), klik kanan, lalu pilih add to archieve>centang kolom Delete files after archiving>tekan tombol ok.
arsip_file_readme_eml_hapus_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Tunggu proses pengarsipan file virus hingga selesai.
virus_compressed_zip_readme_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah proses pengarsipan selesai, anda dapat menghapus file hasil pengarsipan virus readme.eml tersebut, bisa dilihat bahwa virus ini memakan ruang penyimpanan, mungkin jika dibiarkan lebih lanjut virus tersebut dapat berlipat ganda menjadi lebih banyak, tentu saja hal ini sangat merugikan.
file_eml_tidak_ditemukan_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika anda masih ragu apakah file virus tersebut sudah hilang atau belum, silahkan lakukan pencarian kembali dengan kriteria sebelumnya, .eml. Jika sudah tidak ditemukan, maka proses penghapusan file virus readme.eml selesai.

 

Catatan :

jalankan_administrator_akses_gurisa_com
Gambar oleh: ngaret.com
  • Perlu diperhatikan bagi pengguna sistem operasi Windows 7 dan versi setelahnya, bahwa untuk mengakses file sistem, sebut saja Local Disk (C), anda membutuhkan hak akses administrator, jika pengaturan UAC anda aktif, anda perlu melakukan sedikit pengaturan, bisa dengan cara menonaktifkan fitur UAC sementara atau mengatur hak akses aplikasi, sangat disarankan untuk tidak menonaktifkan fitur UAC, kecuali anda paham dengan apa yang anda lakukan.
  • Silahkan atur aplikasi WinRar agar dapat berjalan dengan hak akses administrator secara otomatis, dengan cara pada aplikasi WinRar.exe klik kanan>pilih properties>centang kolom “Run this program as an adminsitrator“>Aply>Ok, lakukan langkah pengarsipan kembali.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara menghapus Virus readme.eml file Email is incoming
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 2,743 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *