Cara menghapus komentar spam wordpress otomatis

Mendapatkan komentar atau umpan balik merupakan anugrah terbesar bagi para penulis, atau author dalam pelbagai bidang. Pasalnya, komentar mengindikasikan bahwa konten atau karya yang dibuat sekurang-kurangnya cukup untuk menjadi bahan perbincangan, entah itu baik ataupun buruk. Namun akan sangat menyulitkan apabila ternyata komentar tersebut merupakan komentar spam (spham) yang entah dari mana asal-usulnya. Lantas bagaimana cara menghapus komentar spam pada wordpress secara otomatis, sulitkah?

Akses database

Akses database
Gambar oleh: ngaret.com

Hal yang wajib kamu ketahui sebelum melakukan aksi ini, backup terlebih dahulu database atau website kamu. Kamu harus memiliki akses menuju database website kamu (mysql, postgree, dsb) untuk dapat menghapus komentar spam secara otomatis (cepat).

Cari komentar

Cari komentar
Gambar oleh: ngaret.com

Akses table komentar situs web wordpress kamu dengan cara memilih tabel prefiks_comments, dimana prefiks merupakan pengaturan awal saat kamu melakukan instalasi wordpress (jika manual), secara default nilai prefiks untuk pengaturan situs wordpress adalah wp. Kamu juga bisa langsung menghapus seluruh komentar (jika ini yang diinginkan) degan cara memilih menu Empty (operasi TRUNCATE) pada table wp_comments website wordpress kamu.

Hapus spam!

Hapus spam!
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menghapus komentar yang benar-benar merupakan komentar spam (sampah) kamu bisa mengeksekusi kode query berikut:

Kode query tersebut merupakan query untuk menghapus seluruh komentar pada table wp_comments dengan kriteria status komentar (field) adalah 0 (belum disetujui). Untuk status lainnya yang memungkinkan adalah 1 (disetujui), trash (masuk kotak sampah). Lanjutkan proses eksekusi query dengan menekan tombol Ok, tunggu proses pembersihan komentar pada situs kamu dan voilla!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara menghapus komentar spam wordpress otomatis
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 148 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *