Cara menggunakan virtual box

Virtual box merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menjalankan ‘perangkat’ di dalam sistem operasi komputer kamu. Dengan menggunakan virtual box, kamu dapat memasang dan menjalankan sebuah miniatur sistem secara real-time. Penasaran bagaimana cara menggunakan virtual box sebagai media virtualisasi?

Download dan jalankan

type name and os
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk mulai menggunakan virtualbox tentu saja kamu harus memiliki aplikasi tersebut terinstal di komputer kamu terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan download aplikasi virtualbox pada situs resminya, VirtualBox (freeware).

Setelah kamu jalankan, untuk memulai menjalankan virtualisasi kamu harus memasang terlebih dahulu jenis virtualisasi apa yang akan kamu jalankan. Misal, jika kamu ingin memasang sistem operasi window xp pada virtual box, maka kamu harus memasang terlebih dahulu sistem operasi window xp pada virtual box tersebut.

Buat virtualisasi

memory size virtual box
Gambar oleh: ngaret.com

 

Untuk memulasi proses pembuatan profile pada virtual box, pilih menu new untuk membuat akun virtualisasi baru. Kamu akan diminta untuk memasukan nama dan jenis sistem operasi yang akan kamu gunakan (instal). Selanjutnya kamu juga akan diminta untuk menyesuaikan ukuran untuk sistem operasi tersebut, ikuti petunjuk yang disediakan (batas maksimum memory).

Ukuran hard drive

hard disk virtualization
Gambar oleh: ngaret.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa virtualbox merupakan aplikasi untuk melakukan virtualisasi, kamu juga akan diminta untuk menyesuaikan ukuran dari sistem operasi yang akan kamu buat. Silahkan sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan.

Jenis hard drive virtual

hard drive file type
Gambar oleh: ngaret.com

Kamu akan diminta untuk menentukan jenis hard drive (hard disk virtual) apa yang akan kamu gunakan. Tidak terlalu banyak perbedaan pada masing-masing jenis, lebih lanjut mengenai perbedannya secara fisik dapat diperhatikan pada virtualisasi hard disk yang akan dibuat.

hard drive types
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menentukan jenis hard disk apa yang akan dibuat, kamu juga akan diminta untuk menentukan jenis penyimpanan fisik hard disk yang tersimpan pada sistem operasi komputer kamu (utama).

Ukuran hard drive

Pilih dynamically untuk menghemat ruang penyimpanan komputer kamu, kenapa? Karena jika kamu memilih static, saat kamu mengalokasikan ruang penyimpanan sekian GB maka ukuran tersebut benar-benar akan diterapkan oleh virtualbox.

Pilih sistem operasi

choose operating system
Gambar oleh: ngaret.com

Saat kamu membuat akun virtualisasi, kamu akan diminta untuk menentukan jenis sistem operasi apa yang akan kamu gunakan. Tidak terlalu banyak perbedaan akun virtualisasi yang signifikan, artinya meskipun pada saat pemilihan jenis sistem operasi kamu memilih window xp namun saat instalasi memilih window 7 tidak akan terjadi perbedaan yang signifikan (terkecuali cross-system seperti dari linux ke window, free bds, dsb).

Jalankan seperti biasa

run as the same
Gambar oleh: ngaret.com
Jika sistem operasi yang kamu gunakan tidak corrupt seharusnya kamu sudah mulai bisa melakukan aktivitas virtualisasi seperti layaknya kamu lakukan pada sebuah sistem (komputer) biasa, misal saja melakukan instalasi, memainkan game di dalam virtualisasi (dummy battle misalnya).
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara menggunakan virtual box
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 128 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

2 thoughts on “Cara menggunakan virtual box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *