Cara menggunakan SQLyog database MySQL

SQLyog merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen DBMS (database management system) salah satunya MySQL (my-sequel). Sama seperti aplikasi manajemen lainnya (misal phpMyAdmin), SQLyog juga banyak sekali menyediakan fitur-fitur menarik dan dapat mempermudah kamu dalam melakukan manajemen ataupun dokumentasi sistem basis data kamu. Ingin tahu bagaimana cara menggunakan SQLyog lebih lanjut?

Koneksi database

connect mysql host
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk dapat mengakses database mysql kamu, kamu harus terlebih dahulu mendefinisikan identitas untuk dapat mengakses database kamu (credential). Buat connection baru dengan cara menambahkan koneksi baru.

Uji coba koneksi

testing connection
Gambar oleh: ngaret.com

Pada connection baru yang sudah kamu buat, definisikan (isi) host addressusernamepasswordport dan jika perlu spesifikasi database yang akan kamu akses langsung (jika tidak, seluruh database yang dapat diakses akan ditampilkan). Uji coba koneksi SQLyog dengan database MySQL kamu dengan cara menekan tombol test connection (pastikan berhasil).

Fitur dan Spesifikasi

data table
Gambar oleh: ngaret.com

Sama seperti halnya dengan aplikasi pengelola DBMS lainnya, SQLyog menyediakan fitur-fitur bawaan yang merupakan fitur wajib (standar) yang harus dimiliki oleh aplikasi pengelola DBMS seperti table viewschema view, dsb.

Membuat table

create table
Gambar oleh: ngaret.com

Kamu tentunya juga dapat melakukan operasi DDL (data definition language), misalnya saja jika kamu ingin membuat atau menambahkan table pada database kamu, kamu dapat melakukannya dengan cara memilih terlebih dahulu database tersebut, lalu tambahkan table dengan memilih menu New table.

Yang menarik..

query preview
Gambar oleh: ngaret.com

Fitur yang menarik yang terdapat pada SQLyog adalah kamu dapat melihat (preview) query untuk membuat table tersebut bahkan sebelum kamu membuat table tersebut, inilah mengapa disebut pre. hehe.

Tidak kalah menarik..

Gambar oleh: ngaret.com

Tentu saja pada table yang sudah terspesifikasikan (sudah dibuat), kamu dapat melihat query DDL tersebut, pada sub-tab info, ubah format dengan text/detailed kamu dapat melihat query tersebut pada bagian DDL Information.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara menggunakan SQLyog database MySQL
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 4,449 times, 5 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *