Cara menggunakan Klausa Between database pada excel

Tidak hanya pada aplikasi DBMS (Database Management System) saja sebuah klausa bisa digunakan, pada aplikasi pengoleh angka sebuah klausa bisa dioperasikan, tentu saja untuk mengoperasikan klausa ini diperlukan teknik dan metode tersendiri. Dengan menggunakan klausa, kita dapat mencari data mulai dari satu kriteria, dua kriteria, hingga banyak kriteria.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan klausa

  1. Klausa bisa dioperasikan apabila digunakan pada konten yang sudah didefinisikan sebagai sebuah database.
  2. Klausa harus berada dalam sebuah range klausa, tidak boleh terpisah. Jika terpisah bisa dikatakan bahwa klausa tersebut berbeda atau bukan dalam satu klausa.
Jumlah Metode SUM
Gambar oleh: ngaret.com

Sebagai contoh awal, untuk mencari jumlah dari suatu field dapat digunakan fungsi SUM(range field), namun hal ini tidak berlaku pada penggunaan database, atau lebih tepatnya ada sedikit perbedaan dalam menggunakan database dan data biasa. Untuk menjumlahkan data pada database bisa digunakan fungsi DSUM, namun penggunaan fungsi ini memiliki syarat tersendiri yakni :

  • Data diasumsikan sudah tersedia dengan baik.
  • Data sudah didefinisikan sebagai database.

Langkah menggunakan klausa between database pada Microsoft Excel

Klausa Daverage Dua Kategori
Gambar oleh: ngaret.com
  • Buat sebuah field Kriteria Pencarian, field ini berfungsi untuk penunjuk pencarian data.
  • Pada contoh kriteria pencarian, field yang digunakan adalah field Keterangan, Jumlah Barang, Harga Barang (Total). Mengapa field Jumlah Barang dan Harga Barang (Total) ada 2? Karena kriteria pencarian Jumlah Barang dan Harga Barang (Total) berdasarkan 2 klausa yakni lebih dari x dan kurang dari x, atau bisa disebut diantara / between.
  • Misalkan hendak mencari jumlah Barang Minimum, maka fungsi yang digunakan adalah :

  • Sedangkan untuk mencari jumlah Barang Maksimum, Total Barang, Harga Minimum, Harga Maksimum, Total Harga, dan Harga Rata – Rata Barang berturut – turut adalah sebagai berikut :

Hasil Dua Klausa Between
Gambar oleh: ngaret.com

  • Dan diatas adalah tampilan dari hasil pencarian kriteria tersebut.

Catatan :

  • DATA_BARANG adalah nama database yang sudah didefinisikan sebelumnya, jika belum didefinisikan maka DATA_BARANG bisa diganti dengan range dari data yang akan diolah.
  • D6 dan F6 merupakan field dimana data yang akan diolah berada, misalkan saja untuk D6 adalah field Jumlah Barang, maka bisa disimpulkan bahwa data yang akan diolah adalah data Jumlah Barang.
  • B21:F22 adalah range dari kriteria pencarian yang sudah dibuat, range ini bisa diubah sesuai keinginan, misalkan saja jika tidak ingin mengikut sertakan field Keterangan, maka range ini akan berubah menjadi C21:F22.
  • Isi dari range kriteria sangat sensitif ( case sensitive ), jadi apabila Jumlah Barang dikosongkan maka pencarian tidak akan sesuai.
  • Kriteria pencarian secara horizontal adalah kriteria AND, sedangkan kriteria pencarian secara vertical adalah kriteria OR. Jadi apabila diubah kedalam kalimat deklaratif, kriteria tersebut akan berbunyi “Cari pada DATA_BARANG, sesuai dengan field pencarian, dimana Keterangan adalah SECOND dan Jumlah Barang lebih dari 2 dan kurang dari 20 dan Harga Barang (Total) diantara 1500000 dan kurang dari 6000000
  • Nama field pada kriteria dengan 2 kriteria ( ditandai dengan warna biru dan hijau ) jangan di-merge, jika di merge hasil pencarian tidak akan sesuai.
  • Nama field pada kriteria pencarian harus sesuai dengan nama field pada database.

Referensi :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Menggunakan Klausa Between Database Pada Excel
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 292 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *