Cara menggunakan Google Translate API

Google Translate API merupakan layanan yang disediakan google yang memungkinkan kita untuk bisa menggunakan fitur google translate. Untuk bisa menggunakan API ini, kita memerlukan kunci API yang bisa didapatkan dengan cara membuat akun Google Cloud Platform dan kemudian membuat kunci API-nya.

Dokumentasi

1 try google translate api ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Google Translate API menyediakan beberapa utilitas yang dapat kita gunakan. Beberapa fitur yang bisa digunakan diantaranya adalah penerjemah teks dan pendeteksi bahasa yang terdapat pada teks. Untuk bisa menggunakan layanan ini, kita bisa mengaksesnya langsung melalui end-point yang telah disediakan (lihat dokumentasi).

Coba-coba..

2 test hit the endpoint ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Kita bisa saja mengakses langsung end-point yang telah disediakan oleh (GTA). Namun akses tersebut memerlukan api key yang diperlukan untuk memverifikasi bahwa pengguna tersebut adalah kita (pengembang, program, robot, dsb). Buat Google Cloud API-key jika belum punya.

Enable API

3 google translate api disabled ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah kita menggunakan api-key pada parameter key, kita tetap perlu melakukan beberapa pengaturan untuk bisa menggunakan API ini. Salah satunya adalah mengaktifkan terlebih dahulu Google Translate API.

Enable Google Translate API

4 enable google translate api dashboard ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Aktifkan Google Translate API dan coba akses kembali end-point yang sebelumnya akan kita akses.

Pendeteksi bahasa

5 provided api key ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Jika kita sudah menyertakan api-key pada parameter key (?key=) dan mengaktifkan layanan, kita bisa langsung menggunakan layanan tersebut dengan cara mengaksesnya melalui end-point yang disediakan.

Penerjemah bahasa

6 translate text into specified language ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Jangan boross!

7 api dahsboard statistic usage ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Google Cloud Platform merupakan layanan berbayar. Oleh karena itu hati-hatilah jangan sampai kita terlalu banyak melakukan panggilan (request) sehingga membebankan penggunaan (boros kredit). Terlebih, api-key yang sudah dibuat sebelumnya jangan sampai terpublikasi karena bisa saja disalahgunakan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara menggunakan Google Translate API
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 990 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *