Cara mengembalikan File dan Folder yang disembunyikan Virus Trojan Worm

Bagaimana jadinya apabila seluruh data yang berada pada media penyimpanan kamu, tiba-tiba menghilang saat hendak akan digunakan? Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah apabila data yang berada di dalam media penyimpanan tersebut bukan merupakan data yang penting, namun bagaimana jika data tersebut merupakan data penting yang hanya terdapat di dalam media penyimpanan tersebut saja? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kamu mengalami hal ini.

Hal ini dapat kita lakukan dengan cara memeriksa kapasitas media penyimpanan tersebut terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada media penyimpanan tersebut, lalu pilih properties. Apabila kapasitas media penyimpanan kita masih sesuai dengan yang seharusnya, yakni tetap terisi sesuai dengan kapasitas data yang kita miliki. Hal ini menandakan bahwa data yang kita miliki tetap masih ada pada media penyimpanan kita, namun kita tidak bisa mengakses data tersebut.

Removable Drive Shortcut
Gambar oleh: ngaret.com

Namun, jika kita teliti lebih jauh lagi ternyata di dalam media penyimpanan kita terdapat sebuah file tidak dikenal, dalam kasus ini ada sebuah file bernama Removable Drive(30GB). File tersebut merupakan file virus yang telah menginfeksi media penyimpanan dan komputer kita, karena tujuan awal kita adalah mengembalikan file dan folder yang hilang tapi sebenarnya tidak hilang ini, maka kita cukup mengubah atribut pada media penyimpanan kita.

Langkah – langkah mengubah atribut pada drive, file atau folder

Run CMD With Administrator Privilieges
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jalankan aplikasi Command prompt, bisa dilakukan dengan cara menekan tombol Windows+R lalu ketikan cmd, lalu pilih ok.
Change drive
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pindah ke lokasi dimana media penyimpanan kita terletak dengan cara mengetikan perintah I: dimana I adalah lokasi drive tersebut berada.
  • Ketikan perintah berikut ini :

[table id=20 /]

  • Jika perintah sudah dieksekusi, maka seluruh file dan folder yang sebelumnya tersembunyi tersebut akan muncul kembali secara otomatis, atau lebih tepatnya akan bisa dibaca kembali seperti sedia kala.
Change attribut drive
Gambar oleh: ngaret.com
  • Dalam kasus ini data yang diinginkan disembunyikan di dalam sebuah folder tidak bernama, atau lebih tepatnya folder dengan nama karakter spasi atau karakter yang tidak terbaca oleh sistem komputer. Masuk ke dalam folder tersebut, seluruh file dan folder yang sebelumnya ada di media penyimpanan kita akan tersedia di dalam folder tersebut.
Unknown file virus
Gambar oleh: ngaret.com
  • Di dalam folder tersebut terdapat file lain yang tidak diinginkan, atau lebih tepatnya virus yang menginfeksi media penyimpanan ini. Jika diperhatikan file tersebut memiliki ukuran file yang cukup besar, maka bisa diasumsikan bahwa virus ini merupakan salah satu virus worm yang akan banyak sekali menguras penyimpanan media kita.
Delete manually the virus
Gambar oleh: ngaret.com
  • Hapus file tersebut secara manual atau jika tidak, hapus menggunakan anti virus yang anda miliki.

Catatan :

Shortcut injected by virus
Gambar oleh: ngaret.com

 

  • Setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata virus yang menginfeksi media penyimpanan ini adalah virus worm dan trojan, dimana virus ini mengkamuflase dan menggandakan diri setiap kala diekseksui.
  • Sebagai catatan penelitian bahwa kejadian data hilang akan selalu muncul pada media penyimpanan apabila dilakukan konektivitas dengan komputer yang sudah terinfeksi oleh virus ini, untuk itu jika dilakukan percobaan melakukan konektivitas pada komputer yang tidak terinfeksi oleh virus ini dan ternyata data tidak tersembunyi atau hilang lagi maka bisa disimpulkan bahwa apabila melakukan konektivitas pada komputer yang terjangkit virus lalu data di media penyimpanan kita hilang, komputer tersebut sudah terinfeksi virus ini.
  • Untuk penanganan lebih lanjut silahkan bersihkan media penyimpanan anda dengan cara melakukan formating terhadap media penyimpanan anda, tentu saja dengan melakukan backup terlebih dahulu terhadap semua data anda. Atau untuk penanganan lebih lanjut silahkan gunakan anti virus kesayangan anda untuk menghapus virus ini.

Referensi :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mengembalikan File dan Folder yang disembunyikan Virus Trojan Worm
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 705 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *