Cara mengatur ukuran hardisk create and format window

Hardisk komputer atau laptop kamu terasa penuh? sudah ‘merah’ sampai ke akar-akarnya? Ingin mengoptimalkan dan mengatur ukuran hardisk? Pada sistem operasi window kita bisa melakukannya dengan cara mengatur ukuran hardisk melalui aplikasi default yang disediakan oleh sistem operasi window kita, disk management.

Aplikasi disk management

create and format hardisk partition
Gambar oleh: ngaret.com

Buka aplikasi default yang disediakan window yakni disk management, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola hardisk juga perangkat sekunder lainnya yang terhubung dengan komputer kita. (Start > Search > type: disk management)

Mengatur ukuran partisi hardisk

 

extend volume using disk management
Gambar oleh: ngaret.com

Secara umum terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh disk management yakni: mengelola (menambah, menghapus, dan mengubah) disk, format, monitoring, dsb. Misalnya saja jika kita ingin mengubah ukuran kapasitas partisi pada disk yang sudah ada (dalam kasus ini partisi E:), klik kanan pada partisi tersebut lalu pilih extend volume.

Ubah ukuran partisi

select disk
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menambahkan ukuran partisi, tentu saja kita memerlukan space pada hardisk fisik yang tersisa dan belum di-format (unallocated partition); jika tidak, tidak akan ada ukuran partisi tambahan yang bisa didistribusikan pada partisi tersebut. Masukan jumlah ukuran yang diinginkan, lalu tekan tombol next.

Berhasil menambah ukuran partisi

partition changed
Gambar oleh: ngaret.com

Jika berhasil, ukuran partisi hardisk akan bertambah dan ukuran partisi yang belum di-format (unallocated partition) akan berkurang atau habis (hilang) jika sebelumnya digunakan semua.

Tidak hanya menambah ukuran partisi. Seperti yang sebelumnya disebutkan, kita juga bisa mengubah, bahkan menghapus partisi menggunakan aplikasi disk management bawaan sistem operasi window.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mengatur ukuran hardisk create and format window
Author Rating
41star1star1star1stargray
(Visited 70 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *