Cara mengatasi phpmyadmin error no connection could be made

phpMyAdmin adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur database MySQL yang kita miliki. Bagaimana jika suatu ketika kita menghadapi permasalahan saat sedang menggunakan aplikasi ini, sebut saja phpmyadmin error no connection could be made because the target machine actively refused it.

no connection could be made
Gambar oleh: ngaret.com

Beberapa tips yang bisa dilakukan jika kita menghadapi error #2002 – No connection could be made because the target machine actively refused it. saat menggunakan aplikasi MySQL dan phpMyAdmin.

Jalankan aplikasi MySQL

mysql service running properly
Gambar oleh: ngaret.com

Pastikan kita sudah menjalankan service atau aplikasi MySQL (database) yang kita gunakan dan sudah berjalan dengan baik (tidak terjadi error). Jika kita menggunakan Xampp, kita bisa melihat status apakah aplikasi MySQL kita berjalan dengan baik atau tidak (ditandai dengan label status dan warna hijau, all green).

Atur-atur aja phpmyadmin

phpmyadmin configuratin file config.inc.php
Gambar oleh: ngaret.com

Jika ini kali pertama kita menjalankan aplikasi phpMyAdmin, jangan lupa memeriksa dan mengatur phpMyAdmin agar sesuai dengan pengaturan dan konfigurasi yang kita gunakan pada database kita, MySQL. Periksa file config.inc.php yang terdapat pada direktori phpMyAdmin.

Jangan selingkuh, aku benci kamu!

Permasalahan umum yang biasa terjadi yang mengakibatkan error ini adalah terjadinya port conflict. Hal ini biasa terjadi apabila kita mempunyai atau menjalankan lebih dari satu service mysql yang berjalan di satu waktu pada tempat yang sama, atau dalam bahasa sederhana ketahuan selingkuh.

port conflict mysql my ini file setting
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk menghindari hal ini cara yang paling sederhana adalah, jangan sampai ketahuan donk!. Kita bisa melakukannya dengan cara mengubah salah satu port mysql di salah satu service yang mengalami conflict. Misal dari 3306 ke 3307 atau port lain yang tidak digunakan.

Kita buka lembaran baru

reinstall xampp
Gambar oleh: ngaret.com

Cara paling akhir yang ngaret paling tidak rekomendasikan adalah dengan melakukan reinstall aplikasi tersebut (dalam hal ini MySQL atau phpMyAdmin). Cara ini tidak direkomendasikan mengingat hal ini bukan menyelesaikan masalah namun hanya melupakan masalah dan tidak menyelesaikan apapun dari permasalahan sebelumnya, sederhananya lupain mantan masih banyak yang lain, meaningless.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mengatasi phpmyadmin error no connection could be made
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 639 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

2 thoughts on “Cara mengatasi phpmyadmin error no connection could be made

  1. mengatasi error di xampp memang gampang gampang susah, kalo uda keteku cara nya seperti yang di jelaskan di atas ya enak.. tapi kadang cara cara yang di rekomendasikan sering tidak work dan kadang timbul masalah baru…jalan satu satunya adalah membuka lembaran baru 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *