Cara mengatasi Hardisk Active Time 100% Response Read Write 0

Hardisk, salah satu media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan data di dalam komputer, laptop dan sejenisnya. Saat ini jenis dan tipe hardisk itu sendiri sangat beragam, sedangkan jenis hardisk sendiri dibagi menjadi hardisk internal dan hardisk external. Singkat kata, hardisk adalah media penyimpanan yang sangat berguna, apabila main storage dari komputer atau perangkat yang digunakan, hal ini dapat menyebabkan masalah besar.

Lantas apa saja sebetulnya yang dapat menyebabkan hardisk bermasalah? Misalkan sebut saja masalah hardisk terdeteksi tetapi tidak dapat diakses, atau jika diperiksa lebih lanjut dibagian Performance Task Manager atau Resource Monitor, dapat diperhatikan bahwa Active time dan Disk transfer dari hardisk tersebut tidak sesuai.

active_time_disk_transfer_rate
Gambar oleh: ngaret.com

Jika hardisk yang anda gunakan terdeteksi saat dijalankan namun tidak dapat diakses setelah masuk kedalam sistem operasi, maka mungkin tips berikut ini bisa sangat berguna untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Speecy_3TB
Gambar oleh: ngaret.com
  1. Pastikan kesehatan hardisk, periksalah hardisk yang digunakan dengan cara melakukan pemindaian secara berkala terhadap hardisk tersebut, hal yang perlu diperiksa antara lain bad sector locationread and write, suhu, dan besarnya daya serta arus listrik yang digunakan oleh hardisk tersebut.
  2. Periksa socket yang digunakan hardisk anda, hal ini dapat dilakukan dengan cara memeriksa langsung konektor dan kabel yang digunakan ( kabel SATA/ATA ), perlu diperhatikan bahwa debu setitik dapat mempengaruhi kinerja hardisk yang anda gunakan, jadi pastikan keadaan perangkat anda dalam keadaan bersih agar dapat bekerja secara efektif.
  3. Untuk pemeriksaan besarnya daya dan arus listrik yang digunakan hardisk, agar lebih pasti jumlah besarnya daya yang dialirkan oleh power supply gunakan alat pemeriksa/tester, misalkan AVO meter atau Multimeter.

Catatan :

  • Berhati-hatilah saat menggunakan alat pemeriksaan daya dan tegangan, dibutuhkan keterampilan elektronika dasar untuk dapat mengoperasikan alat tersebut, namun jika anda tidak mempunyai keterampilan tersebut, anda masih tetap dapat memeriksa dengan cara masuk ke BIOS komputer atau perangkat anda.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mengatasi Hardisk Active Time 100% Response Read Write 0
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 536 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *