Cara mengamankan file word dengan memberi password

File dokumen seperti file word, excel, ppt, yang kita miliki dapat digunakan, dibagikan, dan diperbanyak dengan mudah. Untuk menghindari hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengamankan file word tersebut. Misalnya saja memberi password pada file word yang berekstensi .doc, .docx.

Cara ini sama halnya dengan mengamankan file pdf dengan cara membatasi akses edit, cetak, dan salin. Namun perbedaannya adalah pada file word, khususnya aplikasi Microsoft Word terdapat pada fitur bawaannya.

Password file word

restrict word access ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Cara pertama dan merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengamankan file dokumen word kita adalah dengan memberi password. Buka file word yang akan diamankan, buka tab info melalui menu File, lalu pilih Encrypt with password.

encrypt document with password
Gambar oleh: ngaret.com

Masukan password yang akan kita gunakan. Tidak perlu terlalu panjang namun cukup untuk mengamankan file tersebut. Sebagai catatan, password yang digunakan bersifat case-sensitive. Artinya MakanRoti dengan makanroti adalah password yang berbeda.

Test password

enter password document word ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah pengaturan password disimpan, coba tutup file tersebut lalu buka kembali. Jika password berhasil ditambahkan, saat pertama kali mengakses file, kita akan diminta memasukan password yang sebelumnya sudah kita atur. Masukan password untuk mencoba bahwa password benar.

Batasi akses

formating restriction ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Cara lain untuk mengamankan file kita dari plagiarism adalah dengan membatasi akses terhadap file itu sendiri. Cara ini cukup bermanfaat apabila dokumen yang kita miliki merupakan dokumen berbagi-pakai.

Akses baca tulis

editing restriction ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Kita bisa membatasi pengguna untuk hanya bisa mengomentari dokumen, atau bahkan hanya melihat dokumen saja. Dan kita juga bisa membuat hanya pengguna tertentu saja yang punya akses terhadap hal tertentu juga.

enter password protection ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Sama seperti cara sebelumnya, kita perlu memasukan password untuk mengamankan file word dengan cara ini. Namun password ini bukanlah password yang digunakan untuk otentikasi pengguna melainkan mengamankan pengaturan yang sebelumnya dibuat.

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 45 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *