Cara mendaftar dan menggunakan Google Cloud Platform gratis

Google Cloud Platform merupakan platform yang bisa digunakan oleh pengembang program untuk bisa memanfaatkan layanan google. Layanan yang tersedia pada google cloud platform ini beragam mulai dari google translate, maps, drive, dsb. Pengembang program bisa mengakses layanan ini menggunakan antarmuka (API) yang disediakan google umumnya sebuah web service.

Coba gratis!

1 google cloud platform agreement ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Google memberikan gratis 300$ pertama kepada setiap penggunanya untuk bisa menggunakan layanan Google Cloud Platform. Saldo (kredit) tersebut bisa digunakan dan valid selama 12 bulan pertama semenjak diregistrasi.

Kartu kredit? no wayy!

2 fill credit card information ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Memang menjadi sebuah hambatan apabila kita tidak mempunyai kartu kredit pasalnya GCP mewajibkan setiap penggunanya untuk melakukan verifikasi akun dengan menggunakan kartu kredit (agar tidak banyak pengguna dummy).

Hal ini memang merupakan bencana besar, terlebih jika terjadi pada awal tahun 2000. Jangan khawatir, saat ini kita bisa memiliki kartu kredit meskipun belum berpenghasilan, ataupun memiliki npwp. Daftar kartu kredit gratis dan cepat.

Buat project baru

3 choose project cloud ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk bisa memulai menggunakan layanan Google Cloud Platform, buat terlebih dahulu porject baru sesuai dengan yang diinginkan. Pada dasarnya kita bisa berbagi pakai layanan GCP kepada pengguna lain yang kita tambahkan sebagai kontributor dalam projek yang kita kerjakan.

Kiri.. kanan..

4 project dashboard ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Pada dasarnya hampir semua layanan pada Google Cloud Platform bisa kita gunakan. Untuk mencari tahu layanan apa saja yang tersedia, cari layanan tersebut pada dashboard akun yang kita gunakan. Kita juga bisa melihat statistik penggunaan layanan seperti jumlah panggilan (request) yang telah dilakukan.

Buat akun

5 create api service platform account ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk bisa menggunakan layanan pada GCP, buat terlebih dahulu akun beserta otoritas yang akan kita gunakan. Otoritas tertinggi dapat melakukan operasi manipulasi apapun, oleh karena itu berhati-hatilah dalam membuat akun dan memberikan otoritas.

Buat kunci API

6 create api key credentials ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Berbeda dengan akun pada GCP, kita perlu membuat kunci API untuk menggunakan layanan pada GCP (pada umumnya demikian). Buat terlebih dahulu kunci API pada menu Kredensial.

Seting.. seting..

7 setting up api key credential ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Kita tidak ingin sembarang orang bisa menggunakan akun layanan GCP yang kita miliki, juga kita ingin membatasi siapa saja dan dari perangkat apa saja akun dan kunci tersebut bisa digunakan. Untuk melakukan hal ini, atur kunci API dengan cara membatasi akses pada hal tersebut.

Otentikasi OAuth

8 add whitelist domain ngaret com
Gambar oleh: ngaret.com

Jika kita menggunakan metode otentikasi dengan menggunakan oAuth (perlu login untuk mendapat token), kita harus menambahkan domain yang digunakan ke dalam whitelist pada kunci kredensial yang kita miliki. Hal ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa domain sumber yang meminta request merupakan domain yang sah.

Lebih lanjut

Google Cloud Platform mempunyai banyak layanan yang bisa digunakan di dalamnya. Setiap layanan memiliki cara dan tekniknya tersendiri, untuk studi kasus lebih lanjut kita bisa melihat dokumentasi yang telah disediakan oleh Google. Berikut adalah salah satu implementasi yang ngaret lakukan dengan menggunakan Google Cloud Platform:

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mendaftar dan menggunakan Google Cloud Platform gratis
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 2,306 times, 2 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *