Cara mencegah download otomatis internet download manager

Download merupakan aktivitas yang melelahkan jika dilakukan berulang kali, terlebih jika kegiatan tersebut dilakukan secara manual. Beruntunglah kita, dewasa kini banyak aplikasi yang memudahkan untuk membantu melakukan download otomatis baik aplikasi yang berbayar seperti IDM hingga yang gratis seperti freemake downloader, jdownloader, dsb.

Gambar oleh: ngaret.com

Namun akan sangat berbahaya apabila semuanya serba otomatis, bisa-bisa aplikasi downloader kamu sembarangan melakukan download file-file yang tidak diinginkan. Berikut 2 langkah mudah untuk mengatur download manager kamu agar tidak melakukan download secara otomatis (tetap bisa manual dengan konfirmasi terlebih dahulu).

Ubah pengaturan downloader

Gambar oleh: ngaret.com

IDM memungkinkan penggunanya untuk mengatur tipe file dan situs mana saja yang memungkinkan untuk melakukan download secara otomatis. Kamu bisa mengatur hal ini melalui menu Options > File types lalu ubah pengaturan ekstensi dan situs yang ingin kamu sesuaikan.

Pada kolom ekstensi, berisikan seluruh ekstensi file yang akan didownload secara otomatis oleh IDM. Sedangkan pada kolom situs, berisikan seluruh situs yang tidak diperkenankan untuk didownload secara otomatis (biasanya situs update).

Ubah pengaturan browser

Gambar oleh: ngaret.com

IDM menyediakan ekstensi pada beberapa browser yang familiar dan popular, diantaranya chrome dan firefox. Jika ekstensi tersebut diperkenankan (enabled) maka secara otomatis ekstensi tersebut akan bekerja sesuai mekanisme yang sudah ditentukan (pengaturan pada aplikasi).

Jika pengaturan pada aplikasi sebelumnya masih tidak sesuai, kamu bisa melakukan force-way dengan cara menonaktifkan ekstensi downloader IDM pada browser agar tidak melakukan download secara otomatis dengan cara mengakses menu ekstensi: chrome://extensions atau dengan cara manual melalui More tools > Extensions lalu nonaktifkan ekstensi downloader kamu (IDM).

Uji coba

Gambar oleh: ngaret.com

Coba akses situs yang menyediakan file yang sesuai dengan ekstensi yang sudah kamu atur. Misalnya saja jika sebelumnya kamu mengatur file dengan ekstensi .txt untuk diperkenankan didownload secara otomatis, seharusnya saat kamu mengakses file tersebut, downloader kamu akan otomatis meminta konfirmasi untuk melakukan download tersebut, begitu juga sebaliknya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mencegah download otomatis internet download manager
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 206 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *