Cara memperbaiki Window 8 tidak bisa klik kanan atau membuka Window Explorer

Klik kanan pada desktop merupakan hal sering dilakukan oleh pengguna sistem operasi Microsoft Windows, hal ini menjadi kebiasaan orang banyak dengan asumsi bahwa dengan melakukan refresh akan dapat menyegarkan komputer atau mungkin membuat komputer jadi lebih cepat. Oleh karena itu kebanyakan pengguna cenderung akan melakukan aksi klik kanan di sistem operasi Microsoft Windows untuk melakukan refresh. Namun bagaimana jika saat dilakukan klik kanan pada mouse, menu pop up – context menu tersebut tidak muncul? Ada beberapa kemungkinan yang terjadi, bisa dikarenakan penggunaan klik kanan dilarang oleh Administrator dari sistem tersebut, atau hal ini bisa dikarenakan ada context menu yang mengalami kerusakaan, baik corruption file, crash, missing file, dan sebagainya.

Langkah memperbaiki sistem operasi Microsoft Window tidak bisa klik kanan atau membuka window explorer

  • Terlebih dahulu download aplikasi Shell Extention View, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mengatur ekstensi apa saja yang akan digunakan di komputer.
Shell Extention View Application
Gambar oleh: ngaret.com
  • Buka dan jalankan aplikasi dengan cara klik dua kali pada shexview.exe. Aplikasi ini adalah aplikasi portable, tidak perlu dilakukan instalasi aplikasi.
Other third party extention
Gambar oleh: ngaret.com
  • Sortir ekstensi yang akan di-disable, untuk melakukan penyortiran klik pada judul kolom. Dalam kasus ini karena akan dilakukan penyortiran terhadap ekstensi yang merupakan ekstensi pihak ke-3 maka penyortiran akan dilakukan berdasarkan nama perusahaan, untuk melakukan penyortiran ini klik pada judul kolom Company, maka ekstensi akan terurut berdasarkan nama perusahaan pencipta ekstensi tersebut.
qingshell extention properties
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah disortir akan terlihat ekstensi yang berasal dari pihak ke-3, disable ekstensi tersebut dengan cara klik kanan pada ekstensi yang akan di-disable, pilih disable extention, pilih ok. Karena belum diketahui ekstensi mana yang menyebabkan tidak bisa klik kanan tersebut, maka disable saja semua ekstensi yang berasal dari pihak ke-3, lalu seleksi satu persatu dengan cara enable ekstensi tersebut satu persatu lalu coba klik kanan, apakah bisa atau tidak menampilkan pop up – context menu.
qingshell extention properties detail
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah dilakukan seleksi satu persatu, dalam kasus ini ditemukan bahwa terdapat ekstensi yang mengalami missing file, hal ini bisa diakibatkan karena proses uninstall aplikasi yang tidak benar atau tidak selesai. Untuk memperbaikinya, bisa dengan cara menghapus ekstensi dan aplikasi tersebut, atau melakukan recovery aplikasi tersebut.
Right click
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah selesai, jika permasalahan ini diakibatkan karena ekstensi tersebut maka seharusnya sekarang sudah bisa dilakukan klik kanan kembali untuk mengakses pop up – context menu.

Catatan :

  • Harap berhati – hati saat menonaktifkan ekstensi, karena dapat menyebabkan aplikasi yang menggunakan ekstensi tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

Referensi :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara memperbaiki Window 8 tidak bisa klik kanan atau membuka Window Explorer
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 1,987 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *