Cara memperbaiki Virtual Private Server not responding

Jika suatu waktu website yang anda host di VPS tidak dapat diakses banyak hal yang dapat mengakibatkan hal ini, namun hal pertama yang perlu anda periksa adalah  akses VPS anda. Periksalah VPS anda dengan cara melakukan konektivitas baik menggunakan utilitas PINGTRACERT, NSLOOKUP, dan lain sebagainya. Dan apabila VPS anda dapat diakses dengan baik ataupun tidak, anda dapat memeriksa ketersediaan dan status VPS anda di VPS Control Panel anda.

Network Error tcp_error

Dalam kasus ini, ternyata VPS yang digunakan mengalami overloaded vswap usage sehingga website tidak dapat diakses dengan baik. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor, bisa disebabkan karena penggunaan Memory yang berlebih sehingga Memory melakukan caching melalui Vswap. Sebetulnya penggunaan Memory yang berlebih disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan pada sistem tersebut, dan hal ini akan menyebabkan sistem memproses banyak sekali tugas yang harus dijalankan. Untuk menanggulangi hal ini dapat dilakukan beberapa cara praktis sehingga website ataupun VPS dapat diakses kembali tanpa ada masalah.

Langkah penyelesaian masalah VPS not responding

Vswap Usage Overloaded
Gambar oleh: ngaret.com

1. Lakukan reboot / restart dengan cara, menekan tombol reboot pada menu VPS Control Panel. Atau bisa dilakukan dengan cara manual yakni memberikan instruksi melalui serial console.

Reboot Confirmation
Gambar oleh: ngaret.com

2. Pilih Yes pada menu konfirmasi reboot VPS.

Successfull Confirmation
Gambar oleh: ngaret.com

3. Jika VPS berhasil direboot / restart akan muncul jendela konfirmasi yang menyatakan bahwa VPS berhasil direboot.

Website Online
Gambar oleh: ngaret.com

4. Coba akses kembali website atau VPS anda.

 

Catatan :

  • Untuk pencegahan VPS not responding dapat dilakukan dengan cara menaikan kapasitas VPS yang digunakan sehingga dengan resource yang memadai dapat memberikan akses yang stabil terhadap client website anda.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara memperbaiki Virtual Private Server not responding
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 92 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *