Cara memperbaiki angular ng is not recognized as an internal or external command

Error saat development memang tidak bisa dielakkan lagi. Misalnya saja saat kita melakukan migrasi (pindah development environment) proyek atau aplikasi Angular lalu hendak menjalankan angular dengan perintah ng serve (atau ng s) dan mendapati pesan kesalahan ng is not recognized as an internal or external command pada sistem operasi window.

Run with npm

run using npm work but not ng
Gambar oleh: ngaret.com

Seperti yang kita ketahui angular dapat digunakan bersamaan dengan NodeJS beserta dengan NPM-nya. Setelah kita memastikan NodeJS dan NPM telah terinstal dan sesuai dengan minimum requirement. Kita bisa menjalankan proyek aplikasi angular menggunakan perintah npm run [perintah angular] misalnya saja: npm run ng s. Namun sayangnya, bukan ini yang kita inginkan!

Add npm to User variable path

add npm to user variable
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk memperbaiki kesalahan ini, kita perlu menambahkan perintah npm pada User Variable pengaturan sistem operasi window yang kita gunakan.

Buka System and security > System melalui control panel atau tekan tombol Window + Pause break pada keyboard dan pilih menu Advanced system settingsEnvironment variables.

Tambahkan perintah: %APPDATA%\npm pada User Variable bagian Path, dan pastikan jika ada perintah lainnya, perintah kita ditambahkan setelah tanda semikolon (;).

Run with ng

run with shortcut ng
Gambar oleh: ngaret.com

Selesai dan keluar dari pengaturan melelahkan tersebut. Untuk menggunakan pengaturan tersebut terkadang kita memerlukan aksi reboot sistem operasi (waktu ngaret coba tidak perlu sih-) dan pastikan terminal dalam keadaan fresh (jika sedang aktif, close lalu re-open).

Voila!

website run correctly
Gambar oleh: ngaret.com

Aplikasi angular kita dapat berjalan dengan semestinya dan tentu saja menggunakan perintah short-code Ng. Voila ng.. bye ng is not recognized as an internal or external command!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Angular ng is not recognized as an internal or external command
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 76 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *