Cara membuat installer bootable flash disk win to flash

Jika kamu sedang bingung ingin melakukan instal ulang laptop (terutama notebook) yang secara umum tidak memiliki dvd/cd room sebagai media input data, tidak perlu khawatir! Kamu bisa melakukan instal ulang sistem operasi perangkat kamu dengan menggunakan flash disk (usb). Tentu saja, terlebih dahulu kamu harus membuat installer bootable flash disk agar bisa digunakan untuk melakukan install ulang tersebut.

Download dan jalankan Win To Flash

download dan jalankan win to flash
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk mempermudah proses pembuatan media bootable menggunakan flash disk usb, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga (3rd party software) yang dapat didownload dab digunakan secara gratis, salah satunya adalah Win to flash.

Mulai penyihir?

jalankan mode bantuan
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah kamu download, extract dan jalankan aplikasi win to flash. Mulai proses pembuatan media bootable menggunakan mode wizard. Dengan menggunakan mode ini, kamu akan dipandu dalam membuat media bootable dengan mudah (seriously).

Pilih media dan sistem operasi

choose iso media
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah kamu menjalankan mode wizard, kamu akan dipandung step-by-step untuk membuat bootable flash disk. Pilih media bootable dan jenis sistem operasi window apa yang akan kamu buat (gunakan). Pada versi win to flash terbaru, kamu tidak perlu repot untuk melakukan ekstraksi file sistem operasi terlebih dahulu (pengalaman), cukup pilih file .iso dari sistem operasi yang kamu miliki saja.

Formatting flash disk

formatting flash disk
Gambar oleh: ngaret.com

Sebagai catatan, media bootable yang akan kamu buat (flash disk) harus merupakan media yang kosong (clean-install), win to flash akan memandu kamu untuk melakukan formatting flash disk terlebih dahulu agar proses pembuatan media bootable dapat dilakukan. Kamu tahu apa yang harus dilakukan, bukan?

Chat-n-chit

license agreement
Gambar oleh: ngaret.com

Seperti yang kita ketahui, window merupakan sistem operasi yang tidak gratis. Kamu akan dimintai persetujuan (license agreement) pada saat membuat media bootable menggunakan win to flash. Setujui dan lanjutkan proses pembuatan media bootable.

Tunggu dan selesai

transfering windows setup
Gambar oleh: ngaret.com

Tunggu proses pembuatan bootable berlangsung, proses ini berlangsung relatif cepat (tergantung kondisi spesifikasi komputer, read/write flash disk, ukuran sistem operasi, dsb). Setelah selesai, kamu dapat melihat isi flash disk yang sudah diisi dengan media bootable baru.

Jika proses pembuatan media bootable berhasil, kamu dapat melakukan instalasi menggunakan flash disk yang sudah dijadikan media bootable tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa flash disk tersebut tidak dapat digunakan sebagai media penyimpanan sekaligus (menghindari corruption & missing-files), serta berhati-hatilah saat menggunakan flash disk di komputer atau perangkat kamu, karena beberapa anti-virus kerap kali menganggap file media instalasi sebagai virus.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara membuat installer bootable flash disk win to flash
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 429 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *