Cara membuat dan menambahkan partisi swap linux

Swap merupakan jenis partisi dalam sistem operasi linux yang berguna untuk menyimpan program atau data yang diperoleh dari/ke memori utama (RAM). Saat melakukan instalasi sistem operasi linux kita bisa menambahkan partisi ini. Jika tidak kita lakukan, kita bisa membuat dan menambahkan partisi swap ini secara manual.

Menambahkan partisi swap

using swap file
Gambar oleh: ngaret.com

Kita bisa memeriksa status penggunaan media sekunder (hard disk misalnya) pada sistem operasi linux dengan perintah: df -h

Media penyimpanan kita ditandai dengan disk logic berlokasi pada /dev/. Untuk membuat disk swap ketikan perintah:

Perintah tersebut akan membuat sebuah disk swap bernama swapfile dengan ukuran 1×2=2GB pada lokasi # (root).

Lanjut ketika perintah: mkswap /swapfile, dilanjutkan swapon /swapfile untuk menginstruksikan sistem operasi agar menggunakan swap disk yang sudah digunakan tersebut.

Periksa swap

check swap already added
Gambar oleh: ngaret.com

Meskipun sudah kita tambahkan dan setelah kita periksa disk swap sudah digunakan, hal tersebut tidak bersifat permanen dalam arti saat sistem operasi di-restart pengaturan yang sudah kita buat akan hilang (sama seperti konsep RAM).

Buat permanen

assign permanent swap
Gambar oleh: ngaret.com

Untuk mencegah hal ini, buat pengaturan yang kita simpan secara permanen dengan cara menambahkan baris perintah: /swapfile none swap sw 0 0 pada file /etc/fstab.

Swappiness

setting up swappiness
Gambar oleh: ngaret.com

Tidak wajib, namun jika kita ingin mengatur ukuran swappiness (pengaturan sensitivitas hardisk dalam melakukan swapping) kita bisa mengaturnya pada file /etc/sysctl.conf dengan menambahkan baris perintah: vm.swappiness=10

Swap berhasil ditambahkan

check current swap
Gambar oleh: ngaret.com

Periksa pengaturan dan konfigurasi yang sudah kita buat, lalu restart sistem operasi kita untuk memastikan pengaturan tersebut sudah tersimpan dengan benar.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara membuat dan menambahkan partisi swap linux
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 363 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *