Cara mematikan komputer secara otomatis window

Bisa melakukan automated shutdown atau mematikan komputer secara otomatis memang menyenangkan, kita merasa berlaga bak seorang hacker pada film-film aksi kesayangan kita. Sangat sederhana sekali jika kamu ingin mematikan (shutdown) atau menyalakan ulang (restart) komputer dengan sistem operasi window. Window telah menyediakan sebuah utilitas yang dapat membantu kamu melakukan semua aksi ini. Ingin tahu bagaimana caranya?

Jalankan command prompt

run command prompt
Gambar oleh: ngaret.com

Jalankan terminal pada komputer window kamu dengan cara singkat, akses menu run (ctrl + r) lalu ketikan ‘cmd’ tekan tombol ok untuk mengeksekusi perintah menjalankan command prompt (terminal).

Utilitas shutdown

shutdown utility
Gambar oleh: ngaret.com

Tahukah kamu bahwa window menyediakan utilitas untuk membantu penggunanya melakukan shutdown secara otomatis (berjangka waktu). Pada command prompt, kamu dapat mengetikan perintah:

Perintah tersebut akan memberitahukan kamu informasi parameter apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan shutdown, restart, membatalkannya, dsb.

Shutdown otomatis

auto shutdown computer
Gambar oleh: ngaret.com

Sebagai contoh dan merupakan inti dari apa yang akan kita lakukan (hehe). Untuk mematikan komputer kamu secara otomatis atau berkala (dengan interval waktu tertentu) kamu dapat mengetikan perintah berikut:

Terdapat empat parameter yang digunakan pada perintah tersebut. Parameter s digunakan untuk memberitahukan bahwa kita ingin melakukan shutdown, parameter f digunakan untuk memberitahukan bahwa kita akan melakukan tutup paksa (force close) semua aplikasi yang sedang berjalan, parameter t digunakan untuk melakukan spesifikasi waktu kapan aksi shutdown akan dimulai (dalam detik) dan parameter tambahan terakhir adalah c digunakan untuk menambahkan keterangan dalam melakukan shutdown.

Tidak hanya melakukan shutdown secara otomatis, tetapi kamu juga dapat melakukan restart secara otomatis dengan cara menggunakan parameter r.

Batalkan shutdown

abort shutdown
Gambar oleh: ngaret.com

Andai kata kamu ingin membatalkan perintah tersebut (karena satu dan lain hal), kamu dapat melakukannya dengan mengetikan kembali perintah:

Parameter a tersebut digunakan untuk membatalkan (abort) aksi atau perintah apapun yang telah kamu tuliskan sebelumnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara mematikan komputer secara otomatis window
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 171 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *