Cara memasukan record dari tabel ke tabel lain MySQL

Ada kalanya kita ingin melakukan manajemen data dengan cara yang mudah. Hal ini mungkin dapat dilakukan karena biasanya data yang terstruktur cenderung selalu memiliki pola yang sama. Misalnya saja kita ingin memasukan record dari tabel ke tabel lain. Pada beberapa kasus tertentu seperti data pegawai yang memiliki atribut jenis kelamin tentu pola data yang dapat diisi yakni laki-laki atau perempuan saja, kita abaikan yang di luar itu.

Tentukan tabel sumber dan tujuan

Gambar oleh: ngaret.com

Untuk memasukan record yang berasal dari tabel lain kita dapat dengan mudah melakukannya dengan melakukan beberapa operasi DDL (data definition language). Pertama, tentukan terlebih dahulu tabel dari sumber data yang ingin diperoleh dan lakukan operasi SELECT, misal SELECT by Primary Key.

Setelah kita peroleh data sumber tersebut, logically sekarang kita sudah bisa mendapatkan data sumber. Selanjutnya kita lakukan operasi INSERT pada tabel tujuan (destination table). Jika tabel sumber dan tujuan merupakan tabel yang sama yakni domain tabel sama (jumlah kolom, tipe data, dsb) hal ini tidak akan menyebabkan masalah, namun jika berbeda lakukan operasi proyeksi dengan cara memilah kolom yang bersesuaian.

Eksekusi Query

Gambar oleh: ngaret.com

Pastikan domain tabel sumber dan tujuan sama, perhatikan juga batasan-batasan lainnya seperti panjang tipe data yang dapat diperbolehkan untuk dimasukan ke dalam tabel tersebut.

Query berhasil

Gambar oleh: ngaret.com

Jika query yang dimasukan benar, operasi DDL Insert yang kamu lakukan akan berhasil dan data akan dimasukan sesuai dengan value yang sudah ditentukan sebelumnya. Operasi ini juga dapat dilakukan dengan beberapa operasi lainnya seperti operasi JOIN, SET DIFFERENCE, dan lainnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara memasukan record dari tabel ke tabel lain MySQL
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 5,610 times, 4 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *