Cara konfigurasi Printer untuk mencetak 2 halaman dalam 1 Kertas

Untuk mencetak 2 dokumen dalam 1 kertas hal yang perlu dilakukan adalah mencetak dokumen pada lembar pertama, setelah selesai cetak lagi dokumen selanjutnya pada kertas yang sama, tentu saja dengan menggunakan kertas yang sama juga. Namun hal ini hanya berlaku apabila dokumen yang akan dicetak hanya beberapa laman saja, jika ada banyak halaman yang akan dicetak anda akan kewalahan untuk melakukan hal ini. Oleh karena itu setiap printer dilengkapi dengan driver untuk melengkapi kemampuan printer itu sendiri, ada cara yang sangat efisien jika anda ingin mencetak 2 halaman pada 1 kertas.

Langkah konfigurasi printer untuk mencetak 2 halaman dalam 1 kertas

Print document
Gambar oleh: ngaret.com
  • Siapkan dokumen yang akan dicetak, dalam kasus ini dokumen yang akan dicetak adalah dokumen hasil scan yang berbentuk gambar digital dalam format .jpg. Seleksi file yang akan dicetak, klik kanan pada mouse lalu pilih print. Jika dokumen yang akan anda cetak adalah dokumen berbentuk .doc, .docx, .pdf, .xlsx, dsb anda tidak perlu melakukan langkah ini.
Print document options
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pada dialog Print pictures, pilih options, lalu pilih Printer Properties. Untuk mengakses menu ini secara langsung, anda dapat memilih properties printer yang anda gunakan pada menu Control Panel>Hardware and sound>Devices and Printers, lalu pilih properties printer yang anda gunakan dengan cara klik kanan pada profil printer anda lalu pilih Printing Preferences.
Printer properties dialog Epson L210
Gambar oleh: ngaret.com
  • Pada dialog properti printer anda, anda bisa mengatur jenis dokumen apa yang akan anda cetak dan jenis pengaturan apa yang akan digunakan. Dalam kasus ini jenis dokumen yang akan dicetak adalah dokumen gambar dengan kualitas draft dan warna grayscale. Pilih profil dari dokumen tersebut, yakni Document – Fast, pilih Quality Draft, pilih Color Grayscale, dan centang pada kolom 2-Sided Printing, dan kolom Print Preview. Jika dokumen yang akan anda cetak adalah dokumen biasa, anda hanya perlu mencentang dua kolom tersebut saja, pengaturan lainya hanya perlu mengikuti pengaturan bawaan printer saja. Pilih ok, lalu pilih Print untuk mencetak dokumen.
Print preview two side
Gambar oleh: ngaret.com
  • Setelah itu akan muncul dialog Print Preview, dialog ini akan muncul apabila kolom Print Preview yang berada pada pengaturan printer dicentang. Dialog ini sengaja dimunculkan sebagai acuan untuk pencetakan dokumen, yakni untuk melihat halaman mana yang akan berada pada halaman depan dan halaman mana yang akan berada dibelakangnya.
Print the document
Gambar oleh: ngaret.com
  • Tunggu hingga status Print Preview berubah menjadi Print the Document ( dapat dilihat pada status bar disebelah kiri bawah ). Lalu pilih File, dan pilih Print Document.
Already added to print queue
Gambar oleh: ngaret.com
  • Tunggu proses pencetakan dokumen, proses ini dapat dilihat pada dialog Print Queue. Tidak perlu heran apabila status pages pada queue ini hanya berisikan total jumlah halaman/ total jumlah halaman. Hal ini terjadi karena seluruh dokumen telah di-load sebelumnya.
Wait for stop and turn the paper around
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika proses pencetakan halaman pertama sudah selesai, akan muncul dialog 2-sided printing, dialog ini muncul apabila seluruh dokumen pertama hendak selesai dicetak. Tunggu hingga seluruh halaman pada lembar pertama dicetak, setelah seluruh halaman benar – benar dicetak, printer akan diam sejenak. Ambil kertas hasil pencetakan halaman pertama, balikan kertas sesuai posisi yang akan dicetak, posisi kertas nya yakni lembar kosong berada didepan dan posisi atas halaman berada dibawah ( selengkapnya bisa dilihat pada gambar ). Jika posisi kertas sudah benar, silahkan tekan tombol Resume untuk melanjutkan pencetakan pada lembar ke-dua.
Finisihed printing
Gambar oleh: ngaret.com
  • Jika proses pencetakan sudah berhasil, queue akan kosong.

Catatan :

  • Setiap printer memiliki pengaturan tersendiri, pengaturan ini dilakukan pada printer Epson L210.
  • Perlu diperhatikan bahwa saat proses preview dokumen, jangan langsung cetak dokumen melainkan tunggu hingga dokumen selesai di-preview secara menyeluruh. Jika tidak halaman dokumen tidak akan sesuai dengan yang diinginkan.
  • Jika tidak ingin mencetak dokumen dalam 2 laman, anda cukup menghapus tanda centang pada kolom 2-sided Printing yang terdapat pada Devices and Printers.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara konfigurasi Printer untuk mencetak 2 halaman dalam 1 Kertas
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 3,819 times, 3 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *