Cara konfigurasi ip address window

IP (internet protocol) address merupakan alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan internet (global) ataupun jaringan lokal. Perangkat yang dimaksud adalah segala perangkat yang dapat terhubung ke jaringan tersebut seperti komputer, laptop, smartphone, kamera (ip camera), dsb. IP address digunakan sebagai alamat unik pada layer 3 OSI (open system interconnection) yakni layer network, pada beberapa layer lain seperti layer 2 dan 1 digunakan mac address serta hardware id sebagai cara identifikasi perangkat tersebut.

4 langkah mudah konfigurasi ip address pada sistem operasi berbasis window

Control Panel

Gambar oleh: ngaret.com

Masuk ke menu panel pada sistem operasi window melalui kontrol panel lalu pilih Network and Internet (Network and Sharing Center), pada sistem operasi window 7, 8, dan 10, kamu bisa mempercepat cara ini dengan mengakses shortcut yang terdapat pada taskbar desktop kamu dengan cara klik kanan pada gambar jaringan (sinyal) lalu pilih Network and Sharing Center.

Gambar oleh: ngaret.com

Pada menu Network and Sharing Center, pilih menu Change adapter setting(1) lalu pilih adapter yang akan dikonfigurasi(2). Adapter yang dimaksud adalah kartu jaringan-NIC (network interface card) yang digunakan untuk terhubung pada jaringan. Klik kanan pada adapter tersebut lalu pilih properties.

Pilih hal apa yang akan kamu konfigurasi, jika kamu ingin melakukan konfigurasi ip address versi 4, maka pilih pengaturan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu tekan tombol properties(3). Pada jendela pengaturan ip address tersebut, kamu bisa mengatur ip address berdasarkan dua kategori yakni static dan dynamic.

Static vs Dynamic

IP static merupakan ip address yang sifatnya permanen tersimpan pada pengaturan komputer selama tidak diubah, begitu juga dengan dynamic yang sifatnya berubah-ubah sesuai interval waktu dan kondisi tertentu. Kapan harus menggunakan static dan dynamic? Ip static digunakan apabila: (i) Jaringan tidak kompleks (besar), (ii) Perangkat merupakan server (terpusat), sedangkan ip dynamic digunakan apabila: (i) Perangkat merupakan user/host biasa.

Pada pengaturan ip dynamic, kamu tidak perlu melakukan pengaturan khusus lainnya, semua diatur oleh DHCP (dynamic host configuration protocol), dengan kata lain ip dyanmic hanya bisa diterapkan apabila kamu terhubung ke DHCP server atau perangkat lainnya yang menyediakan layanan serupa agar bisa memperoleh ip secara otomatis.

Pengaturan ip

IP address merupakan sebuah protokol, protokol adalah sebuah aturan yang sudah terstandarisasi (dalam kasus ip oleh ISO). Untuk dapat terhubung dengan perangkat lain, kamu harus menerapkan pengaturan-pengaturan yang terstandarisasi yakni ip addressing (CIDR dan VLSM).

Secara sederhana terdapat 4 parameter yang digunakan untuk melakukan pengaturan ip address yakni:

  1. Ip address, alamat ip yang sifatnya unik (tidak boleh sama pada satu jaringan)
  2. Subnet mask, identifikasi alamat ip yang digunakan untuk menentukan range ip tersebut.
  3. Default gateway, alamat bawaan yang digunakan sebagai gerbang untuk mengakses next-hop (misal internet atau perangkat default-route).
  4. DNS address, alamat domain bawaan yang sifatnya optional (jika tidak diisi sistem akan menggunakan alamat bawaan penyedia layanan pada jaringan tersebut, ISP).

Verifikasi pengaturan

Gambar oleh: ngaret.com

Lakukan pemeriksaan konektivitas sederhana dengan menggunakan utilitas command prompt pada window dengan cara mengeksekusi perintah:

Pengaturan yang sudah disimpan dapat terlihat pada hasil eksekusi tersebut. Jika pengaturan antar perangkat sudah benar, kamu dapat terhubung dengan perangkat lain pada jaringan yang sama (internet misalnya), jika tidak kamu akan mendapati gangguan jaringan ataupun galat lainnya.

Gambar oleh: ngaret.com

Kamu juga bisa menggunakan perintah PING (packet interexchange) untuk memeriksa konektivita dengan perangkat lainnya. Misal untuk memeriksa konektivitas dengan jaringan internet, kamu bisa melakukan perintah PING ke sembarang alamat pada internet yang aktif (misal ngaret):

Jika berhasil kamu akan mendapat pesan balasan berupa sebuah reply-message yang menandakan kamu sudah terhubung dengan alamat pada jaringan tersebut.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara konfigurasi ip address window
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 593 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *