Cara install ulang komputer window xp dengan gambar

Kalau saat ini komputer atau laptop kamu sedang dalam keadaan gawat darurat karena satu dan lain hal. Dan kamu ingin melakukan install ulang komputer atau laptop kamu dengan sistem operasi baru (window xp), kamu dapat melakukannya dengan mudah. Untuk melakukan hal ini kamu harus sudah memiliki bootable sistem operasi yang akan digunakan (window xp).

Jika kamu belum memiliki bootable baik berupa kaset (CD/DVD) ataupun media bootable usb (flashdisk), kamu harus membuat atau memiliki bootable tersebut terlebih dahulu. Untuk membuat installer bootable window pada media usb, kamu dapat membuatnya dengan  win to flash.

Siap mulai?

welcome to setup
Gambar window xp setup oleh: ngaret.com

Jika kamu sudah berhasil melakukan setting BIOS dan berhasil masuk ke menu instalasi window xp, tekan enter untuk melakukan instalasi baru atau instal ulang, tekan R untuk melakukan repair pada sistem operasi window xp yang sudah berada pada komputer kamu dan jika ingin keluar tekan tombol F3.

Buat dan format partisi

create partition
Gambar create partition oleh: ngaret.com

Untuk melakukan instalasi fresh pada komputer atau laptop kamu, kamu harus menyediakan space (ruang) yang akan digunakan sebagai penyimpanan sistem operasi window xp kamu. Tekan install untuk langsung memasang sistem operasi window (default formatting, all spaces), tekan c untuk membagi space hardisk menjadi beberapa partisi (disarankan gunakan metode ini).

Metode format hardisk

format partition
Gambar format hardisk oleh: ngaret.com

Gunakan metode format hardisk NTFS Quick untuk melakukan formatting hardisk kamu. NTFS merupakan jenis file systems yang sangat disarankan untuk digunakan karena kehandalannya dalam menampung data yang berukuran beberapa kali lipat dibanding pendahulunya, FAT, FAT16, FAT32, dsb.

Menyalin file instalasi

copying files
Gambar copying setup oleh: ngaret.com

Pada proses ini installer window xp akan otomatis melakukan penyalinan file instalasi window xp ke hardisk komputer/laptop yang sudah kamu partisi sebelumnya.  Tujuan proses ini untuk memperingan kerja bootable yang kamu gunakan.

Misal jika menggunakan kaset, kamu dapat reject kaset tersebut setelah selesai proses ini; karena secara teori installer window sudah disalin ke hardisk kamu, maka langkah selanjutnya proses instalasi akan dilakukan menggunakan hardisk kamu.

Settings… Settings..

regional language
Gambar regional setting oleh: ngaret.com

Pada instalasi phase 2 (begitu saya menyebutnya, hehe) kamu akan melakukan berbagai macam penyesuaian pengaturan instalasi window xp kamu mulai dari pengaturan bahasa hingga memasukan serial number window xp yang kamu miliki.

Pengaturan umum

Lanjutkan..

user accounts
Gambar user account oleh: ngaret.com

Beberapa langkah terakhir sebelum kamu akhirnya menggunakan sistem operasi window xp, kamu harus menambahkan user account yang akan kamu gunakan sebagai akun administrator yang digunakan untuk dapat masuk ke dalam sistem.

Welcome to window xp

desktop window xp
Gambar desktop window xp oleh: ngaret.com

Voila, jika kamu berhasil sampai ke tampilan desktop window xp itu artinya kamu berhasil melakukan instalasi window xp pada komputer/laptop kamu. Langkah selanjutnya adalah melakukan penyesuaian pengaturan komputer yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara install ulang komputer window xp dengan gambar
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 84 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *