Cara instal wordpress website manual

WordPress, platform website gratis yang bahkan bisa kamu modifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu. WordPress merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki blog atau website secara cepat, ramah, mudah, hemat (relatif) dan profesional (tingkat tinggi). Kalau kamu bingung bagaimana caranya mempunyai situs wordpress, kamu dapat memahami beberapa cara mempunyai website wordpress terlebih dahulu. Jika kamu sudah paham dan ingin mencoba cara konvensional dalam memasang situs wordpress, kamu dapat memulai langkah instal wordpress secara manual.

Download wordpress

Untuk memiliki situs wordpress dengan cara memasangnya secara manual, kamu harus download terlebih dahulu file core instalasi wordpress dari situs resmi wordpress. Setelah selesai didownload, extract (pindahkan) seluruh file dan folder yang terdapat pada file wordpress tersebut ke direktori (folder) website kamu (misal jika kamu menggunakan xampp terdapat pada xampp/htdocs/, atau pada hosting /var/www/public_html/folder_web_kamu).

Jalankan instalasi

run installer wordpress
Gambar oleh: ngaret.com

Jalankan script installer wordpress dengan cara mengakses melalui domain.tld/wp-admin/install.php. Jika kamu berhasil mengakses tampilan konfigurasi wordpress artinya kamu melakukan extract dengan benar. Jika tidak, ulangi langkah sebelumnya dengan benar.

Setting up database

database information
Gambar oleh: ngaret.com

Langkah selanjutnya, wordpress akan memandu kamu untuk melakukan instalasi dengan mudah. Kamu tidak perlu mengatur berbagai macam hal yang rumit, cukup ikuti instruksi yang tersedia.

Isi informasi database

database credential
Gambar oleh: ngaret.com

WordPress merupakan website yang dapat memiliki konten dinamis. Untuk itu, wordpress memerlukan pengaturan database untuk menyimpan seluruh konten dinamis tersebut. Kamu harus membuat terlebih dahulu database yang dimaksud yang dikhususkan untuk keperluan situs wordpress (database kosong/baru). Jika database sudah dibuat, isikan informasi credential tersebut dan lanjutkan tahap instalasi.

Prefiks tabel digunakan sebagai identitas penamaan tabel pada database kamu, kamu dapat mengisi kolom ini dengan apapun yang kamu inginkan, namun alangkah baiknya apabila kamu menggunakan standar pengkodean umum yakni [char]_

Konfigurasi identitas website

setting up website
Gambar oleh: ngaret.com

Jika informasi database dan pengaturan yang kamu masukan sebelumnya benar, maka wordpress akan mengirimkan umpan balik berupa pesan bahwa kamu siap untuk melanjutkan konfigurasi selanjutnya.

website information wordpress
Gambar oleh: ngaret.com

Pada konfigurasi selanjutnya, kamu perlu untuk memasukan identitas website kamu mulai dari nama website, hingga identitas untuk login ke dalam website wordpress tersebut. Khusus pada kolom indexing mesin pencari harap jangan dicentang apabila kamu ingin situs wordpress kamu terindex oleh mesin pencari, terkecuali situs wordpress yang kamu buat ditujukan sebagai situs pribadi yang hanya menyimpan informasi untuk kebutuhan private saja.

Selesai

next login wordpress
Gambar oleh: ngaret.com

Jika semuanya berjalan dengan baik, kamu seharusnya sudah bisa mulai mengakses situs wordpress kamu melalui domain.tld/wp-login.php. Kamu dapat login ke situs wordpress kamu dengan cara memasukan identitas akun yang sebelumnya sudah kamu masukan.

Tampilan dashboard wordpress

wordpress dashboard
Gambar oleh: ngaret.com

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan-pengaturan spesifik pada situs wordpress kamu sesuai dengan kebutuhan kamu seperti mengatur plugin, nama dan informasi situs, tema, dsb.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara instal wordpress website manual
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 66 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *