Cara foto layar komputer dengan screenshot print screen preview

Sering kali pada saat ingin memperjelas atau menekankan informasi kita melampirkan gambar (foto) sebagai lampiran. Cara mudah untuk foto layar komputer bisa dilakukan dengan cara otomatis ataupun manual dengan screenshot print screen preview. Terlebih gambar bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Apa yang mau difoto?

foto layar komputer manual
Gambar oleh: ngaret.com

Tentu saja kita tidak mau seluruh tampilan layar dilampirkan. Untuk mencegah hal ini kita bisa memotong gambar yang kita perlukan saja. Tentukan terlebih dahulu bagian tampilan layar yang akan difoto, misalnya saja bagian potongan kode program yang akan kita lampirkan atau tanyakan di forum-forum.

Foto layar komputer

aplikasi paint di windows
Gambar oleh: ngaret.com

Setelah ditentukan, tekan tombol Print Screen Preview (SysRq) pada keyboard, lalu buka aplikasi pengolah gambar yang dikehendaki. Misalnya saja aplikasi paling sederhana yang tersedia di sistem operasi window adalah Paint.

Sesuaikan gambar

potongan kode untuk dilampirkan
Gambar oleh: ngaret.com

Sesuaikan gambar sesuai kebutuhan. Jika tidak ingin gambar di bagian sebelah kiri ditampilkan kita bisa potong dan hanya menampilkan gambar yang dibutuhkan saja. Simpan gambar dan gambar siap untuk dilampirkan!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara foto layar komputer dengan screenshot print screen preview
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 84 times, 1 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *