Cara blokir perangkat mac address filtering access point

Kalau kamu merasa kecepatan internet kamu melambat akibat pengguna yang sama yang berada pada jaringan kamu. Kamu bisa blokir perangkat dan akses mereka lho dengan menggunakan access point yang kamu miliki. Ngaret menggunakan access point TP-Link untuk melakukan hal ini, maka cara yang dilakukan mungkin akan sedikit/banyak berbeda pada beberapa vendor lainnya. Namun inti dari pengaturan yang dilakukan kurang lebih sama.

Blokir perangkat dengan access point

direct access point
Gambar oleh: ngaret.com

Login terlebih dahulu ke dalam sistem operasi access point kamu dengan cara mengaksesnya melalui web browser ataupun cara lainnya yang mungkin dapat dilakukan (ssh, console, dsb). Pastikan kamu sudah melakukan pengaturan-pengaturan dasar yang dilakukan untuk memanajemen jaringan kamu (Ip address, DHCP, dsb).

Wireless mac filtering

mac filtering
Gambar oleh: ngaret.com

Secara sederhana access point TP-LINK WA5110G menyediakan pengaturan yang memungkinkan kamu untuk memperbolehkan atau tidak memperbolehkan perangkat untuk dapat terhubung ke access point tersebut. Untuk melakukan hal ini, kamu dapat mengakses sub-menu MAC Filtering yang terdapat pada menu Wireless.

Jika kamu ingin mengaktifkan fitur ini, silahkan tekan tombol enable lalu pada pengaturan filtering rules pilih pengaturan allow. Tidak sampai di situ, kamu harus menambahkan daftar perangkat yang ingin kamu perbolehkan atau tidak perbolehkan untuk dapat mengakses access point kamu.

Daftar perangkat terhubung

dhcp client list
Gambar oleh: ngaret.com

Metode pemblokiran perangkat digunakan dengan cara memblokir perangkat menggunakan alamat fisik perangkat tersebut, mac address. Untuk mengetahui alamat mac address sebuah perangkat tentu bukan perkara mudah, sulit juga untuk menghafalkan kode heksadesimal tersebut (hehe).

Jika kamu menggunakan fitur DHCP. Access point TP-LINK menyediakan fitur DHCP Client List yang dapat membantu kamu untuk mengetahui daftar perangkat yang terhubung ke access point kamu. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui alamat mac address perangkat tersebut.

Tambahkan mac address

add new mac
Gambar oleh: ngaret.com

Tambahkan alamat fisik perangkat (MAC address) pada kolom mac address. Kamu dapat mengkosongkan kolom description karena kolom ini hanya digunakan sebagai pengingat atau keterangan saja.

Pada kolom privilege jika kamu ingin memperbolehkan akses silahkan pilih allow jika tidak, silahkan pilih deny. Pada pilihan status, pilih enabled jika kamu ingin mengaktifkan pengaturan ini, sebaliknya pilih disabled jika tidak.

Uji coba

Jika pengaturan yang kamu lakukan benar, seharusnya semua perangkat yang sudah kamu blokir saat ini tidak dapat mengakses access point kamu. Hal ini bisa kamu identifikasi dengan cara melakukan uji coba konektivitas (PING) atau dengan melihat secara langsung pada perangkat tertarget, saat perangkat yang diblokir mencoba untuk mengakses SSID (wifi) dari access point kamu, perangkat tersebut akan selalu mengalami kegagalan (tidak bisa terhubung).

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara blokir perangkat mac address filtering access point
Author Rating
51star1star1star1star1star
(Visited 6,630 times, 11 visits today)
News Reporter
Banyak orang menyebutku sebagai seorang petualang, dan itulah aku --hanya satu hal bedanya: seseorang yang mengorbankan kulit luarnya untuk membuktikan kebenaran di dalamnya. (1965) ~Ernesto "Che" Guevara

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *